George W Bush: Suka Melukis Anjing, Siap Rilis Buku Lukisan Wajah Pahlawan AS


Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) George W. Bush ternyata bukan hanya dikenal sebagai pemimpin dan politikus andal.

Dia juga dikenal sebagai pelukis. Tahun depan Bush akan merilis buku yang berisi 66 lukisan minyak di atas kertas kanvas tentang veteran militer dan tentara yang masih aktif. ”Buku tentang lukisan itu berjudul Portraits of Courage: A Commander in Chief’s Tribute to America’s Warriors,” demikian ungkap Crown Publishing Group.

Buku itu rencananya akan diterbitkan pada 28 Februari 2017. ”Buku ini tentang pria dan perempuan yang menjadi aset nasional berharga di Angkatan Darat AS yang melanjutkan masa depan sukses bagi negara kita,” tulis Bush dalam pendahuluan bukunya.

”Penghargaan terbesar kepresidenan adalah melihat mereka dalam mata dan memberikan hormat kepada mereka sebagai panglima militer tertinggi,” imbuhnya. Kemudian, Bush mengungkapkan, proyek itu bukan sekadar sebagai buku seni yang menampilkan lukisan.

Selain Bush, mantan ibu negara Laura Bush dan Jenderal Peter Pace, mantan Kepala Staf Gabungan, juga ikut memberikan prakata. Menurut Crown, ”Portraits of Courage” juga berisi cerita yang ditulis oleh Bush tentang masing-masing lukisannya.

”Cerita yang tak terungkap-beberapa sangat inspiratif, beberapa menyentuh hati-pembaca akan melihat wajah dan hati mereka yang menjawab panggilan bangsa dan belajar dari keberanian mereka di medan tempur, petualangan mereka menuju pemulihan, dan kepemimpinan keberlanjutan dan kontribusi mereka sebagai warga sipil,” tulis Crown, dilansir NBC.

Buku tentang lukisan itu mengikuti karya sebelumnya yakni ”Decision Points” dan ”41”, tentang ayahnya yakni mantan Presiden George H.W. Bush. Uang hasil penjualan buku tersebut disumbangkan ke Pusat Kepresidenan George W Bush dan Inisiatif Layanan Militer untuk membantu veteran perang pasca-serangan 11 September dan keluarganya.

Sebelumnya, pada 2014, Bush pernah memamerkan sekitar 30 lukisan tentang para pemimpin dunia di Museum dan Perpustakaan Kepresidenan George Bush di Dallas, Texas.

Selain lukisan potret, Bush juga dikenal sebagai pelukis amatir dengan binatang sebagai objek lukisannya. Melukis anjing merupakan salah satu kesukaannya. Dia juga memiliki puluhan lukisan bercerita tentang kehidupan dan matahari tenggelam.

Salah satu lukisan anjing terbaiknya adalah binatang kesayangan keluarga bernama Barney, sebagai obituari anjing asal Skotlandia yang meninggal pada 2013. Bush sebenarnya tidak memiliki bakat seni melukis. Tetapi, dia tipe orang pembelajar keras dengan belajar pada guru seni lukis.

”Bush telah melukis lebih dari 500 anjing,” kata Bonnie Flood, seniman asal Georgia yang menghabiskan waktu sebulan untuk memberikan pelatihan bagi Bush. Selain melukis anjing, Bush juga mulai mengembangkan seninya dengan menggambar pemandangan, kucing, gereja, dan buah-buahan. ”Bush memiliki potensi sebagai pelukis hebat,” ujar Flood.

Dia mengatakan, Bush akan tercatat dalam sejarah sebagai pelukis, selain sebagai presiden AS. Lukisan Bush pertama kali terungkap ke publik setelah peretas asal Rumania yang dikenal bernama Guccifer memublikasikan gambar dari akun e-mail keluarga Bush pada 2013. Hacker itu merilis potret diri Bush di kamar mandi.

ANDIKA HENDRA M
http://koran-sindo.com/news.php?r=0&n=12&date=2016-09-26

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia