Terusan Neopanamax Resmi Beroperasi


PANAMA CITY - Panama mengoperasikan terusan generasi baru yang disebut dengan Neopanamax atau New Panamax. Terusan yang mampu dilalui kapal kargo berukuran super akan meningkatkan perdagangan antara Asia-Amerika Utara. 

COSCO Shipping Panama yang disewa perusahaan China menjadi kapal yang pertama yang melalui kanal baru sepanjang 80 km yang menghubungkan Samudera Atlantik dan Pasifik. Peresmian proyek senilai USD5,5 triliun (Rp73,33 triliun) itu dihadiri 25.000 warga Panama yang merayakan pencapaian negaranya. 

”Ini hari besar. Hari persatuan nasional. Hari yang bersejarah bagi Panama,” kata Presiden Panama Juan Carlos Varela dalam peresmian Neopanamax, Minggu (26/6) waktu setempat. ”Terusan Neopanamax ini adalah rute yang akan mempersatukan dunia,” imbuhnya dilansir Al Jazeera . 

Upacara peresmian berlangsung sangat meriah. Pesta kembang api ikut mewarnai peristiwa yang ditunggu-tunggu warga Panama. Tarian dan nyanyian yang berkaitan dengan sejarah Terusan Panama juga ditampilkan dengan penuh spektakuler. Presiden Varela bersama dengan utusan pemerintahan asing menyaksikan serangkaian acara tersebut, termasuk Presiden Cile Michelle Bachelet. 

”Terusan baru ini akan mengantarkan masa depan yang lebih baik bagi negara ini,” kata Varela. Proyek perluasan Terusan Panama itu dilaksanakan sejak 2007 dan selesai terlambat dua tahun. Itu menjadi terusan generasi baru karena mampu dilalui kapal berukuran raksasa atau kapal kelas Neopanamax. Kapal super itu tiga kali lipat lebih besar dibandingkan kargo biasanya. 

Kapal pesiar dengan ukuran super juga bisa melalui terusan tersebut. Varela juga mengucapkan terima kasih kepada para pekerja yang mampu menyelesaikan megaproyek tersebut. Dia mengungkapkan, seluruh rakyat Panama patut berbangga atas kesuksesan pembangunan kanal. 

Pasalnya, proyek perluasan itu diawasi langsung oleh orang Panama. ”Rakyat Panama menjadi saksi kanal antar benua yang dibangun AS. Dan kini Anda (rakyat Panama) juga menjadi saksi perluasan kanal yang dilakukan orang Panama,” tuturnya. Dengan renovasi, Terusan Panama juga akan mengizinkan kapal tanker gas alam (LNG) untuk pertama kalinya. 

Dengan begitu, ekspor gas alam dari AS ke Jepang dan Korea Selatan (Korsel) akan semakin lancar. Varela mengungkapkan, kapal LNG pertama akan berlayar bulan depan. ”Saya yakin banyak kapal LNG lain yang akan ikut berlayar di Terusan Panama,” katanya. Pemerintah Panama juga menganggap, terusan itu akan menjadi era baru bagi kehidupan mereka. 

Panama ingin menjadikan negara itu menjadi pusat lalu lintas kapal di seluruh dunia. Mereka ingin menjadi Dubai-nya Amerika. ”Ini akan menjadi era baru bagi Panama,” kata Otoritas Terusan Panama Jorge Quijano. Dia menambahkan, proyek itu untuk mendukung perdagangan modern yang dihadapi Panama. AS dan China menjadi dua negara yang paling sering menggunakan kanal tersebut. 

Perluasan Terusan Panama diperkirakan akan menguntungkan lalu lintas komersial antara Asia dan Amerika Utara. Delegasi AS dipimpin Jill Biden, istri Wakil Presiden Joe Biden, menghadiri peresmian Terusan Panama. Duta Besar AS untuk Panama John Feely memuji Panama yang mampu menghadirkan teknik yang sangat menakjubkan. ”Ini akan menjadi pencapaian terbaik bagi rakyat Panama,” kata Feely, dilansir USA Today. 

Dia mengatakan, ekspansi terusan ini akan menata ulang peta industri perkapalan global. Proyek perluasan Terusan Panama diwarnai banyak ketegangan buruh dan friksi antara pemerintah serta konsorsium Eropa yang melaksanakan proyek tersebut. Namun, peresmian Neopanamax memberikan kesempatan besar karena menggandakan volume kargo yang melalui kanal dan mengakomodasi 98% kapal di lautan. 

Panama berencana meningkatkan pendapatan mencapai USD1 miliar dari biaya yang harus dibayar kapal yang melintas. Panama sangat ambisius menghitung keuntungan atas investasi yang telah ditanam. Tapi, merekatidakmelihatbahwa harga industri perkapalan justru mengalami penurunan karena terlalu banyaknya penawaran. 

”Semua orang selalu optimistis,” kata Deputi Pemimpin Seaspan Corporation, Peter Shaerf. Namun, dia tetap memuji kanal itu sebagai keajaiban dunia. ”Itu tetap akan memberikan dampak besar bagi perdagangan dunia,” paparnya. Bagi Panama, terusan itu menjadi kebanggaan nasional dan simbol negara modern jika dibandingkan dengan negara tetangga. 

Terusan itu juga akan menjadi pembangkit pertumbuhan ekonomi. Pemerintah juga berharap pembukaan terusan itu akan menutupi citra jelek negara itu karena skandal ”Panama Papers”. Tapi, menurut analis perdagangan Ernest Bazan, reputasi Panama masih tercoreng dengan skandal Panama Papers. 

”Iklim bisnis Panama masih terganggu, termasuk Terusan Panama,” kata Bazan, dilansir Reuters . Namun, keberadaan kanal itu bisa menghadapi persaingan dari sebuah jalur pelayaran baru di Nikaragua. Skema terusan kontroversial sepanjang 278 km yang dibangun oleh sebuah perusahaan China itu akan memiliki kanal yang lebih panjang, lebih dalam dan lebih luas dari Terusan Panama. Pembangunannya dimulai pada 2014 dan diperkirakan akan menghabiskan biaya sebesar USD50 miliar (Rp674 triliun).

andika hendra m

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia