Hillary Clinton: Semakin Dekat dengan Nominasi Capres

Pekan ini menjadi momen paling menentukan bagi Hillary Clinton untuk mengamankan nominasi calon presiden (capres) Partai Demokrat.

Enam negara bagian akan menggelar pemilihan pendahuluan, mulai dari California, Montana, North Dakota, South Dakota, New Jersey, dan New Mexico pada Selasa (hari ini). Hillary sangat berharap akan menangi dari semua pemilihan pendahuluan tersebut. Dia berharap akan mengumumkan kemenangan di New Jersey pada Selasa malam. Fokus pertarungan ini berada di California. Rival utamanya Bernie Sanders.

Hillary mungkin akan mengumumkan kemenangan nominasinya sebelum pemilihan pendahuluan di California ditutup. Jajak pendapat pemilihan pendahuluan di California menunjukkan Hillary dan Sanders berimbang. Jika Hillary menang di California pun tidak akan menghancurkan perjuangan Sanders untk menuju konvensi Partai Demokrat pada Juli mendatang. Sebagai modal pertarungan di enam negara bagian, Hillary berhasil memenangi pemilihan pendahuluan di Puerto Rico pada Minggu (5/6) lalu.

Mantan menteri luar negeri itu memenangkan 59,38% dan Sanders hanya 37,53%. Kemenangan Puerto Rico menjadi modal bagi Hillary menambah jumlah delegasi. ”Kami berhasil memenangkan Puerto Rico! Gracias a la Isla del Encanto por esta victoria ! (Terima kasih atas kemenangan Pulau Istimewa),” kata Hillary. Puerto Rico hanya memiliki 60 delegasi di mana Hillary mendapatkan 36 dan Sanders 24 delegasi. Dengan begitu, Hillary mengumpulkan 2.323 delegasi. Untuk mendapatkan nominasi, Hillary harus mengumpulkan 2.383 delegasi. Hillary kemarin berkonsentrasi untuk kampanye di wilayah Los Angeles.

Jumlah pemilih yang mendaftarkan diri untuk pemilihan pendahuluan di California kali ini tertinggi dalam sejarah, yakni 18 juta orang. Lebih dari 650.000 warga mendaftar dalam enam pekan terakhir. Tiga dari setiap empat pendaftar baru adalah pendukung Demokrat. Fokus persaingan Hillary kini pada Trump. Keduanya sudah saling kritik dan serang. Jajak pendapat Reuters/Ipsos menunjukkan Hillary unggul 11 poin dibandingkan Trump dengan 46% melawan 35%.

Untuk meningkatkan dukungan dari kalangan warga keturunan Latin, Hillary merekrut Presiden Latino Victory Project, Cristobal Alex, untuk memobilisasi komunitas Latin. Itu sebagai strategi untuk pemilu November mendatang. Alex akan bertugas pada akhir bulan ini. Komunitas minoritas Latin menjadi kelompok yang berkembang sangat cepat. Mereka juga mulai rajin mendaftar untuk bergabung dalam pemilihan pendahuluan.

Pendekatan ke etnik Latin sangat penting bagi Hillary karena mereka dipastikan akan memusuhi Trump karena menyebut imigran Meksiko adalah pemerkosa dan bandar narkotika. Bukan hanya Hillary, Sanders memasang iklan dengan bahasa Spanyol. Keduanya juga berjanji menempatkan etnik Latin dalam posisi kabinet.
http://koran-sindo.com/news.php?r=0&n=31&date=2016-06-07

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia