WikiLeaks Rilis Jutaan E-mail Stratfor

LONDON– Situs peretas WikiLeaks kemarin memublikasikan lebih dari 5 juta surel (e-mail) rahasia milik perusahaan jasa intelijen berbasis di Amerika Serikat (AS), Stratfor.


WikiLeaks menyebut email itu berisi tentang jaringan informan, struktur pembayaran, teknik pencucian uang, dan metode psikologis. Email yang bocor itu antara Juli 2004— Desember 2011. “Materi email itu menunjukkan bagaimana badan intelijen bekerja dan bagaimana mereka menangkap individu bagi klien mereka, seperti perusahaan dan pemerintah,” ungkap WikiLeaks dikutip AFP.

WikiLeaks mengklaim bahwa bukti perusahaan jasa keamanan itu terkait dengan perusahaan Dow Chemical Co dan Lockheed Martin. Selain itu, ada juga lembaga pemerintah seperti Departemen Keamanan Dalam Negeri AS, Marinir AS, dan Badan Intelijen Pertahanan AS.

WikiLeaks mengklaim pengungkapan e-mail Stratfor itu untuk menumbangkan upaya AS yang terus menyerang Julian Assange. WikiLeaks memprediksi e-mail itu bakal dirilis selama beberapa pekan kepada 25 media, termasuk majalah Rolling Stone, harian The Hindu, dan harian Italia La Repubblica. (andika hendra m)
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/473122/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia