Kapal Costa Allegra Terbakar

ROMA – Kapal pesiar Costa Allegra mengalami kebakaran di bagian ruangan mesin dan terombang-ambing di Samudra Hindia pada Senin (27/2) waktu setempat.Kemarin, kapal itu ditarik sebuah kapal nelayan Prancis menuju pulau terdekat di Seychelles. Insiden itu mengingatkan insiden kandasnya kapal Costa Concordia di dekat perairan Italia pada Januari silam,yang menewaskan 32 orang. Costa Allegra ataupun Costa Concordia dikelola perusahaan yang sama.

Bobot Costa Allegra mencapai 28.597 ton dengan panjang 188 meter,sedangkan Costa Concordia yang kandas Januari silam memiliki bobot 114.000 ton. Sebanyak 1.049 penumpang Costa Allegra berhasil diselamatkan ke Kepulauan Seychelles. Petugas gawat darurat berhasil memadamkan kebakaran di ruang mesin setelah bekerja keras selama beberapa jam. Tidak ada penumpang dan awak kapal yang terluka akibat insiden itu.

Namun karena kebakaran terjadi di ruang mesin, seluruh aliran listrik padam di kapal tersebut dan kapten kapal meminta bantuan pada kapal-kapal lain yang melintas. Costa Crociere, operator kapal, mengungkapkan bahwa Costa Allegra pertama kali ditolong kapal kargo yang melintas di Samudra Hindia pada tengah malam waktu Italia. Kemudian, dua kapal nelayan Prancis turut membantu proses evakuasi.

Perwakilan Costa Crociere, Giorgio Moretti, mengungkapkan langkah pertama dalam langkah tanggap darurat adalah mengevakuasi seluruh penumpang dan awak dari Costa Allegra ke kapal nelayan dan kapal kargo. Setelah itu, penumpang diangkut ke Kepulauan Seychelles. Langkah selanjutnya adalah kapal lain menarik Costa Allegra menuju pulau terdekat. “Kebakaran itu merusak jaringan listrik,” kata Moretti dikutip AFP.

Dia memaparkan, penumpang dan awak kapal berasal dari 25 negara, termasuk 135 warga Italia, 9 marinir untuk mengantisipasi serangan perompak, 127 warga Prancis, 97 warga Austria, dan 90 warga Swiss. Selain itu, juga ada warga dari Inggris, Jerman, Rusia, Slovenia, dan Spanyol. “Para penumpang dalam kondisi selamat,” tuturnya.

Moretti menjelaskan, pemberitahuan telah dikirim pada dua pertiga keluarga penumpang berdasarkan nomor kontak darurat yang terdaftar. Dia menambahkan, sebuah helikopter kemarin dikirim untuk membawa makanan bagi para penumpang dan awak.

Juru Bicara Pasukan Penjaga Pantai Italia Cosimo Nicastro mengatakan, kapal nelayan berbendera Prancis membantu awak Costa Allegra berkomunikasi dengan kapal penolong,bahwa mereka kehabisan listrik dari generator. andika hendra m
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/473480/38/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia