Romney Kembali Diunggulkan

MIAMI– Setelah terpuruk di South Carolina, kandidat presiden dari Partai Republik Mitt Romney kembali bangkit menjelang pemilu pendahuluan (primary) di negara bagian Florida.

Menjelang primary yang digelar Selasa (31/1) waktu setempat, Romney berhasil unggul dua digit dari pesaing utamanya untuk meraih tiket Republikan ke pemilu Amerika Serikat (AS),Newt Gingrich.

Siapa pun pemenang primary partai berlambang gajah ini bakal menghadapi Barack Obama dari Demokrat pada pemilu nasional November mendatang. Kebangkitan Romney pun semakin kentara dengan keunggulannya dalam dua jajak pendapat terbaik yang rilis pada Minggu (29/1) waktu setempat. Jajak pendapat itu hanya dua hari sebelum pemilu pendahuluan (primary) di Florida. Menurut jajak pendapat NBC/Marist,Romney, mantan gubernur Massachusetts, memimpin 15 poin dibandingkan Gingrich, dengan perolehan 42:27%. Dalam jajak pendapat yang digelar Miami Herald, tampak bahwa Romney memimpin 11 poin dibandingkan Gingrich.

Miami Heraldmerilis jajak pendapat yang menunjukkan bahwa 52% orang Hispanik mendukung Romney dan 28% yang mendukung Gingrich. Dalam dua jajak pendapat itu,mantan senator Rick Santorum berada pada posisi ketiga dan anggota kongres Ron Paul pada posisi keempat. Hasil jajak pendapat itu diabaikan Gingrich. Berbicara kepada Fox News, mantan ketua DPR AS itu menyatakan, pertandingan di negara bagian selatan yang luas akan “berakhir”.“ Saya pikir,semakin dekat dengan pemilihan. Kita akan memperoleh kemenangan,” katanya.

“Tapi, jujur saja, dukungan yang meluas kepada Romney karena uang dan kampanye negatifnya.” Gingrich bersikeras bahwa jajak pendapat itu akan menunjukkan kebalikannya. Tapi, para pakar jajak pendapat membela diri.“Apa yang harus dilakukan Gingrich? Saya akan mengatakan Romney justru akan meledak,” kata Brad Coker,pakar jajak pendapat dari Miami Heraldyang menyurvei 800 pemilih terdaftar dikutip AFP.“Jika tidak ada 11 jam kejutan, pertandingan ini seharusnya berakhir.

” Kemudian, Lee Miringoff, direktur Institut Marist untuk Opini Publik di Marist College, yang menyelenggarakan jajak pendapat NBC, mengatakan Romney bakal memimpin kemenangan Florida dengan meyakinkan.“ Romney bakal duduk di kursi pengemudi hingga hari Selasa (besok),” katanya dikutip MSNBC.Selasa (besok) waktu setempat merupakan waktu pemilu pendahuluan di Flordia. Florida merupakan negara bagian yang cukup menentukan dan menjadi acuan bagi pemilu pendahuluan secara nasional. Florida merupakan kunci bagi Romney untuk memenangkan pemilu pendahuluan selanjutnya.

“Jika Mitt Romney menang di Florida, maka dia akan mengendalikan Super Tuesday (pemilihan utama),” kata ahli strategi Republik Ford O’Connell. Sembilan negara bagian akan menggelar “Super Tuesday” pada 6 Maret mendatang. “Florida adalah pertaruhan bagi Gingrich karena dia perlu menang demi mendapatkan kembali momentumnya dan menyimpan tenaga,” kata O’Connell.“Dia mengeluarkan apa saja untuk memenangkan persaingan dengan Romney di Florida.

” Pajak pendapat Reuters/ Ipsos menunjukkan, Romney memegang 12 poin dibandingkan Gingrich di Florida. Itu sama dengan dua jajak pendapat lain, di mana Romney memimpin 11–15 poin. “Sangat jelas Romney telah lebih fokus dan menjalankan kampanye dengan efektif dibandingkan dengan Newt,”kata pakar strategi Republik Matt Mackowiak dikutip Reuters.“Gingrich selalu bermain bertahan setiap hari.” andika hendra m
http://www.blogger.com/post-create.g?blogID=7102784901932156007

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia