Politik Myanmar-Partai Suu Kyi Resmi Ikut Pemilu

YANGON – Pemerintah Myanmar kemarin memberikan lampu hijau kepada partai Liga Nasional Demokrasi (NLD) pimpinan Aung San Suu Kyi untuk mengikuti pemilu.

Keputusan itu mendukung upaya peraih Nobel Perdamaian itu untuk ikut bertarung dalam memperebutkan kursi dalam parlemen baru. Pengumuman singkat yang dirilis di harian New Light of Myanmarkemarin itu melaporkan bahwa komisi pemilu Myanmar menyetujui aplikasi NLD untuk registrasi ulang sebagai partai politik. Kabar bahagia itu dibenarkan oleh juru bicara NLD dan pengacara Suu Kyi, Nyan Win. ”Komisi pemilu Myanmar telah memberikan izin.

NLD secara formal akan mengajukan pendaftaran pada awal pekan depan,” katanya kepada CNN. AFP mengutip seorang juru bicara NLD yang mengatakan Suu Kyi sepertinya akan datang ke Naypyidaw untuk melengkapi proses pendaftaran.NLD pada tahun lalu tidak mendapatkan status hukum karena memboikot pemilu yang dinilai tidak adil. Dengan pengumuman itu maka babak baru bagi Suu Kyi dimulai.

Dia mulai memasuki dunia politik Myanmar setelah beberapa dekade harus menjalani tahanan rumah. Langkah positif itu seiring dengan upaya Myanmar setelah membebaskan Suun Kyi dari tahanan rumah, menggelar dialog dengan oposisi serta membebaskan sejumlah tahanan politik. Salah satu perkembangan yang sangat dramatis adalah rencana keikutsertaan Suu Kyi dalam pemilu.

Suu Kyi sendiri telah menyatakan dia akan ambil bagian dalam pemilu mendatang meski tanggal pelaksanaannya belum ditemukan. Kemungkinan Suu Kyi bakal bertarung di Kawhmu. Suu Kyi ingin memperebutkan kursi di perdesaan karena dia percaya dapat meningkatkan kehidupan konstituennya dibandingkan kursi yang mewakili perkotaan. Sebelumnya Suu Kyi mendaftarkan kembali NLD sebagai partai politik pada 25 November 2011.

NLD telah mendaftarkan diri di Komisi Pemilihan Nasional di ibu kota Naypyidaw. Komisi membutuhkan waktu sepekan untuk menyetujui permohonan NLD. NLD menyerahkan 21 nama pendiri partai kepada komisi,termasuk Suu Kyi. Sebagai persiapan dalam menghadapi pemilu sela, NLD mengumumkan simbol baru mereka, yakni burung merak petarung yang sedang menatap bintang putih pada Senin ( 1 2 / 1 2 / 2 0 1 1 ) NLD.

Logo itu memiliki makna sebuah bangsa untuk men u n t u t perubahan. Logo itu menggantikan simbol topi bambu. Kemenangan demokrasi di Myanmar mencapai puncak setelah Suu Kyi menyambut kedatangan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton di rumahnya yang juga menjadi penjara selama bertahun-tahun. ”Saya sangat percaya diri bahwa kita dapat bekerja sama.

Tidak ada kesempatan untuk kembali ke belakang dari jalan menuju demokrasi,” kata Suu Kyi saat pertemuan. Suu Kyi mengaku bahagia dengan adanya perubahan di Myanmar yang memungkinkan partainya untuk ikut pemilu. Syu Kyi yang menjadi tahanan rumah selama 20 tahun dibebaskan hanya beberapa hari menjelang pelaksanaan pemilu 2010 itu.

Sebelumnya, pada pemilu 1990 NLD, memenangi pemilu namun para jenderal menghalanginya untuk berkuasa. Kemenangannya mencapai 80% di kursi legislatif, tetapi tidak diakui oleh junta. Kemudian, Partai ini memboikot pemilu November 2010. andika hendra m
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/451598/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia