NTC Deklarasikan Kebebasan

BENGHAZI– Para pemimpin baru Libya kemarin mendeklarasikan kebebasan setelah kematian Muammar Khadafi. Deklarasi kebebasan itu menjadi langkah pertama untuk pembentukan pemerintahan sementara melalui pemilu yang bebas dan terbuka setelah 42 tahun di bawah kekangan pemerinatahan otoriter.

Dengan deklarasi kebebasan itu, Libya memasuki era baru demokrasi. Deklarasi kebebasan itu ditunggu- tunggu di tengah kontroversi penyebab kematian Khadafi, yang sebelumnya ditangkap masih hidup di Sirte pada Kamis (20/10) lalu. Para pejabat Dewan Nasional Transisi (NTC) menyatakan deklarasi dilaksanakan di Kota Benghazi,pusat awal pemberontakan melawan Khadafi.

NTC sebelumnya telah berjanji mengumumkan kebebasan Libya setelah Sirte, basis terakhir Khadafi, berhasil dikuasai pasukan NTC. Pejabat Perdana Menteri (PM) Libya Mahmoud Jibril mengatakan, pemerintahan baru bakal terbentuk dalam kurun satu bulan setelah deklarasi.Delapan bulan kemudian, pemilu bakal dilaksanakan untuk membentuk dewan konstitusi.

Pemilu itu bakal menjadi pemilu demokratis pertama sejak Khadafi melakukan kudeta 42 tahun silam. Pemilu presiden dan parlemen bakal dilaksanakan dalam kurun waktu satu tahun. “Berdasarkan apa yang kita sebut deklarasi konstitusi, pemilu pertama digelar setelah pembebasan negara dan bakal digelar dalam periode delapan bulan,”ujar Jibril dalam konferensi pers di Jordan, dikutip BBC.

Dia mengatakan, badan baru yang dipilih bakal menyusun konstitusi untuk membuat referendum dan membentuk pemerintahan sementara sebelum pemilu presiden. Mahmoud Jibril menyatakan akan mundur saat deklarasi kebebasan diumumkan. Dia menegaskan, pemerintahan sementara yang akan dibentuk nantinya harus dibubarkan begitu terpilih presiden baru.

Jibril juga mengutarakan bahwa pemerintahan transisi harus dapat mengendalikan keamanan Libya dari pihak-pihak yang selama ini mendukung Khadafi. Pemerintahan transisi juga akan memastikan pelucutan senjata yang masih beredar di masyarakat.“Libya dapat menjadi contoh bagi Timur Tengah.Saya mencoba mengobarkan semangat persatuan dan memulai proses pembangunan dengan optimisme di masa mendatang,”janji Jibril.

Jibril juga bercerita mengenai keinginannya agar Khadafi ditangkap dalam keadaan hidup-hidup. “Saya berharap saya adalah jaksa penuntut bagi Khadafi di persidangan,”katanya. Dia menyambut baik penyelidikan penuh terhadap kematian Khadafi seperti yang disarankan Perserikatan Bangsa- Bangsa (PBB).

Pemimpin sementara Libya Mustafa Abdel Jalil mengatakan, penyidikan terhadap kematian Khadafi dilaksanakan setelah sejumlah negara dan pengamat hak asasi manusia (HAM) meragukan penyebab kematian mantan pemimpin Libya itu. “Kita telah sepakat mengenai transparansi kematian Khadafi,” ujar Abdel Jalil kepada Al Jazeera. Kritik pedas datang dari Moskow. Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menyatakan pembunuhan sang kolonel telah melanggar Konvensi Jenewa.

“Kita tentu saja harus bersandar pada hukum internasional. Sebagaimana tertera di dalam Konvensi Jenewa, seseorang yang ditahan akibat konflik bersenjata mesti diperlakukan dengan cara tertentu. Dengan alasan apa pun,nyawa seorang tawanan perang tak seharusnya dibunuh,”katanya dikutip AFP.

Anehnya,pemerintahan baru Libya seperti tidak memperlakukan jenazah Khadafi layaknya manusia. Khadafi disimpan di ruangan pendingin, yang sebelumnya merupakan toko daging di Kota Misrata.Selain itu,jenazah Khadafi belum dimandikan dan dikafani. Jenazah Khadafi masih mengenakan celana berwarna cokelat, tanpa baju, seperti saat dia ditangkap hidup dan kemudian ditembak mati.

Jenazah Khadafi hingga saat ini menjadi tontonan warga. Orang-orang rela antre untuk melihat langsung jasad Khadafi.Mereka dengan bebas mengabadikan jenazah Khadafi dengan kamera digital atau kamera telepon seluler. Warga yang melihat jenazah Khadafi mengaku sangat senang. “Dia (Khadafi) tewas, dan saya sangat senang,” kata Sadiq,60,sambil tertawa puas.

Sesuai syariat Islam,jenazah Khadafi seharusnya segera dikuburkan pada Jumat lalu (21/10).Namun,pemerintah masih berdebat mengenai lokasi pemakamannya. Bahkan, ada rumor jenazah Khadafi dibuang ke laut,seperti jasad pemimpin Al-Qaeda Osama bin Laden. Tim dokter forensik kemarin menyatakan autopsi sudah dilakukan pada jasad Khadafi. “Kami bekerja sepanjang malam. Kami baru saja selesai,” papar seorang dokter yang terlibat dalam proses autopsi kepada Reuters.

Dia tidak menjelaskan temuan dalam autopsi tersebut.Autopsi dilakukan di sebuah rumah jenazah di Misrata, 200 km timur Tripoli.Pejabat setempat menyatakan, setelah diautopsi, jasad Khadafi dibawa kembali ke toko daging di Misrata, tempat jenazah itu menjadi tontonan publik. andika hendra m

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia