Dinasti Kennedy Kembali Berkurang

WASHINGTON– Anggota klan Kennedy semakin berkurang. Kara Kennedy, 51, putri mendiang senator Amerika Serikat (AS) dan ikon Partai Demokrat Edward “Ted” Kennedy, meninggal dunia karena serangan jantung.

“Kara Kennedy meninggal karena serangan jantung saat melakukan pekerjaan seharihari,” demikian pernyataan Institut Edward M Kennedy untuk Senat Amerika Serikat.Kara selama ini memang mengidap penyakit kanker paruparu sejak 2003.Dia meninggal dunia pada Jumat (16/9) waktu setempat di klub kesehatan, tempatnya bekerja setiap hari, di Washington.Namun, berita itu dipublikasikan pada Sabtu (17/9) waktu setempat atau kemarin WIB.

Kara Kennedy meninggalkan dua anak serta saudara lelakinya Ted Jr dan Patrick, mantan anggota Kongres dari Partai Demokrat yang pensiun pada Januari lalu.Patrick Kennedy mengatakan saudara perempuannya sangat suka berolahraga. “Kini, dia bersama ayah,”kata Patrick Kennedy seperti dikutip BBC. Ayah Kara, Ted Kennedy, mencapai karier tertinggi setelah saudara lelakinya John F Kennedy dibunuh pada 1963.

Ted juga ditinggalkan saudaranya senator Robert F Kennedy pada 1968. Skandal personal dan reputasinya dikenal buruk, tapi Ted memiliki karier yang solid di Senat AS. Kara membantu ayahnya untuk maju pada pemilihan ulang Senat pada 1988.Dia pernah menerima medali kemerdekaan dari Presiden Barack Obama mewakili ayahnya yang meninggal pada 2009.Penghargaan tertinggi itu diterima hanya 13 hari sebelum ayahnya meninggal. “Putri saya merupakan sahabat terbaik saya,” ujar ibu Kara, Joan Kennedy, kepada ABC News.

Dikenal sebagai sutradara dan produser yang pernah bekerja di stasiun televisi Boston, Kara pernah membuat programVery Special Arts,sebuah organisasi nirlaba yang didirikan oleh bibinya, Jean Kennedy Smith. “Kara merupakan orang yang hangat dan peduli,”demikian keterangan dari Institut Edward M Kennedy. “Semangatnya dalam bertahan dari penyakit kanker paru-paru menjadi inspirasi bagi kita semua.” Kara sebagai putra tertua Ted Kennedy dikenal sebagai anggota klan Kennedy yang rendah hati.

Pada awal tahun ini, Kara menulis artikel pada harian Boston Globe. Saat itu, dia menulis opini mengenai pentingnya layanan publik untuk keluarga. “Ayah saya mengajari saya dan saudara kembar saya bahwa kita memiliki kewajiban untuk membantu masyarakat karena kita lebih beruntung dibandingkan kebanyakan orang,”tulis Kara. Kara menikah dengan Michael Allen pada 1990.Sayangnya, keduanya bercerai. Dia meraih gelar sarjana dari Universitas Tufts di Massachusetts. andika hendra m
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/429129/38/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia