Obama Tak Diudang Pada Pernikahan Kerajaan Inggris

LONDON – Beberapa hari mendekati peristiwa bersejarah di Westmister Abbey ternyata tidak ada undangan bagi Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dan Ibu Negara Michelle Obama. Dalam daftar 1.900 tamu undangan, orang nomer satu AS itu tidak masuk dalam daftar orang yang beruntung itu.

Sangat jelas bahwa Obama tidak akan menghadiri pesta pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton. Seperti yang dilaporkan IBTimes, daftar tamu undangan Pernikahan Kerajaan Inggris menunjukkan siapa yang diundang seperti anggota keluarga kerajaan, anggota keluarga kerajaan luar negeri, pejabat pemerintah, perwakilan agama dan kepercayaan dan pejabat militer Inggris.

Harian Daily Mail melaporkan bahwa Obama tidak masuk dalam kategori 40 pemimpin negara yang mendapatkan undangan emas pada pernikahan 29 April mendatang itu. Sebelumnya, Michelle Obama, pada Februari silam, dirinya belum menerima undangan dari Keluarga Kerajaan. Ketika itu, Michelle menyebutkan jika diundang, dia akan datang.

“Tapi, saya tidak mendapatrkan undangan,” kata Ibu Negara AS itu kepada majalah The Vogue. “Pernikahan merupakan hal pribadi. Mereka akan mengundang siapa yang mereka inginkan. Jika saya diundang, saya akan datang,” imbuhnya.

Seperti dilaporkan BBC, undangan pernikahan William dan Kate di Westminster Abbey telah diumumkan. Keluarga dekat akan duduk paling dekat dengan mempelai saat mengucapkan janji setia. Ratu dan keluarga kerajaan akan duduk berseberangan dengan keluarga Middleton di deretan kursi terdepan. Ratu dipastikan akan ditemani oleh suaminya, Pangeran Charles dan istri, serta Pangeran Henry. Carole Middleton akan duduk langsung berhadap-hadapan dengan Ratu ditemani suaminya, Michael dan anaknya, James.

Pernikahan akan disaksikan oleh 1.900 tamu di dalam gereja berusia 1.000 tahun tersebut. Turut diundang diantaranya dari kalangan selebritis seperti Sir Elton John, David Beckham dan Victoria Beckham, serta pemeran film humor Mr Bean, Rowan Atkinson.

Pejabat militer juga diundang. Keluarga pimpinan skuadron angkatan udara Inggris di Wales Utara tempat Pangeran Williams bertugas satu diantaranya. Pangeran Williams juga mengundang keluarga dua kolega terdekatnya serta beberapa keluarga dari mereka yang tewas dalam tugas. Turut hadir adalah para politisi utama Inggris. PM David Cameron bersama anggota kabinet serta pemimpin oposisi Ed Miliband dipastikan hadir.

Sementara itu, Putra Mahkota Bahrain mengatakan dia tidak akan menghadiri upacara pernikahan William dan Kate karena gejolak politik di negaranya. Pangeran Salman bin Hamad Al-Khalifa menyatakan dia sempat berharap situasi di Bahrain akan membaik sehingga keadaan di negaranya tidak membayangi upacara pernikahan.

Pangeran Salman menyampaikan penyesalannya karena tak bisa hadir kepada ayah Pangeran William, Pangeran Charles, memalui sebuah surat. Istana Buckhingham membenarkan ketidakhadiran putra mahkota Bahrain ini. Menurut juru bicara Istana Buckhingham, Pangeran Salman mengucapkan selamat kepada William dan Kate. “Semoga keduanya terus berbahagia selamanya,” demikian bunyi surat Pangeran Salman.

Sementara itu, Raja Kamboja Norodom Sihamoni menyatakan tidak dapat menghadiri pernikahan Kerajaan Inggris. Ada tudingan yang menyebutkan dia mengabaikan undangan itu. Tapi, pemerintah Kamboja membantahnya. “Yang Mulia Raja telah menanggapi undangan pada tanggal 8 April,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Kamboja Koy Kuong kepada AFP. “Disebabkan urusan pekerjaan yang terkait dengan kerajaan, raja tidak dapat menghadiri pernikahan kerajaan,” imbuhnya.

Selain itu, banyak para putra mahkota dari berbagai negara yang diundang, seperti Pangeran Philippe dan Putri Mathilde dari Belgia, Sultan Brunei dan Raja Istri Pengiran Anak Hajah Saleha, Sheikh Ahmad Al-Sabah Hmoud dari Kuwait, Yang Dipertuan Agong dan Raja Permaisuri Yang Agong dari Malaysia, Sayyid Haitham bin Tariq Al Said dari Oman, dan Emir dari Qatar dan Sheika Mozah binti Nasser Al Missned.

Pernikahan Kate-William diperkirakan ditonton sekitar dua miliar orang pemirsa televisi di seluruh dunia. Ratusan ribu orang akan menyaksikan peristiwa itu secara langsung di garis rute perjalanan pasangan itu dari Westminster Abbey, London untuk menyaksikan pasangan pengantin baru itu.

Di seantero penjuru Inggris, lebih dari 5.500 pesta jalanan bakal digelar untuk pernikahan Pangeran William dan Kate. Asosiasi Pemerintah Lokal (LGA) menyebutkan banyak dewan kotapraja telah kebanjiran permintaan bagi penyelenggaraan pesta. Untuk itu, jalan-jalan sudah dibuat cantik dengan spanduk dan bendera, sementara warga lokal memasang meja lipat di jalan untuk berbagi makanan dan minuman. (andika hendra m)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia