Kate Ucapkan Janji Pernikahan “Modern”

LONDON – Kate Middleton membuat janji pernikahan “modern” yang berani. Dia tidak berjanji untuk “mematuhi” Pangeran William pada sumpah setia pernikahannya pada Jumat (hari ini).

Hanya saja, Kate hanya akan berjanji untuk “mencintai, menyenangkan, menghormati dan menjaga” Pangeran William dalam sumpah setiap untuk upacara pernikahan di Westminster Abbey. Itu terungkap dalam pesan pernikahan yang telah diumumkan kemarin. Janji itu menunjukkan kesetaraan antara William dan Kate dalam menjalani bahtera rumah tangga.

Janji seperti pernah dinyatakan oleh mendiang Putri Diana, ibu William. Dia juga tidak menyebutkan “patuh” kepada Pangeran Charles ketika pernikahan mereka pada 1981. Bisa jadi, Kate memang meniru langkah mendiang Diana.

Menurut Uskup Agung Canterbury, Dr. Rowan Williams, yang akan memimpin pernikahan William dan Kate, memberikan penghormatan dan penghargaan atas sumpah setia keduanya. Williams menganggap keduanya memandang kehidupan rumah tangga sebagai dua orang yang setara. “William dan Kate telah memikirkan semua yang mereka inginkan untuk diri mereka, termasuk apa yang ingin mereka ucapkan. Mereka adalah sosok yang bersahaja,” kata Williams.

Sementara sambutan masyarakat Inggris khususnya dan dunia pada umumnya atas pernikahan William dan Kate menjadikan kedua pasangan itu “terharu”. Mereka mengaku sangat tersentuh dengan kepedulian dan perhatian sejak acara pertunangan pada tahun lalu. Pada pesan pada program resmi perkawinan mereka menyatakan terimakasih kepada “semua orang atas perhatian mereka”.

Dalam pesan yang diterbitkan kemarin, William dan Kate juga menyatakan kedua sangat senang anda dapat ikut merayakan pernikahan yang kami harapkan akan menjadi salah satu hari paling bahagia kami. “Perhatian yang ditunjukkan kepada kami oleh begitu banyak orang sejak pertunangan kami sangat mengharukan. Kami ingin berterima kasih secara tulus kepada semua atas perhatian ini,” tulis pesan mereka seperti dikutip dari BBC.

Rincian upacara pernikahan hari Jumat (hari ini) di Westmister Abbey telah diumumkan. Demam pernikahan itu telah membahana se antero Inggris Raya. Rakyat di berbagai belahan dunia pun menunggu detik-detik penikahan akbar. Satu hal yang membuat mereka peduli, mereka ingin mengetahui bagaimana sebenarnya “pernikahan di negeri dongeng” ala William dan Kate.

Kate Middleton ikut serta dalam gladi bersih terakhir di Westmister Abbey bersama pendamping pengantin pria, Pangeran Harry dan juga pengantar pengantin. Pengantin putri akan berjalan memasuki gereja dengan lagu “Saya bahagia” oleh Sir Charles Hubert Hastings Parry dari Mazmur 122.Pihak istana mengatakan banyak lagu-lagu dipilih oleh pasangan itu sendiri.

Pangeran Charles dan istrinya, Camilla, Pangeran Harry serta orangtua Kate, Carole dan Michael Middleton, adiknya Pippa dan James akan bertindak sebagai saksi dan ikut mendatangani pencatatan pernikahan.

William akan menghabiskan waktunya Kamis malam dengan orangtua serta Harry sementara Kate dengan keluarganya akan berkumpul di Hotel Goring, Belgravia, London.

Ratu Elizabeth akan menjamu tamu, termasuk dari luar negeri, di hotel Mandarin Oriental di pusat kota London. Sekitar 50 kepala negara termasuk dari 1900 undangan yang akan menghadiri pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton.

Inggris memperkirakan sekitar 600.000 orang lagi akan membanjiri London. Sejumlah orang sudah mendirikan tenda di luar Westminster Abbey. Pernikahan ini diperkirakan akan disaksikan oleh jutaan orang di seluruh dunia melalui televisi. Ribuan wartawan telah berkumpul di London dan mendirikan studio sementara di luar Istana Buckingham dan di sepenjang prosesi pernikahan. Keamanan ditingkatkan di sepanjang rute dan polisi menutup jalan di dekat Hotel Goring, tempat Kate Middleton dan keluarga menginap.

Kate Hindari Mitos Diana

Kate bakal berusaha untuk menghindari mitos-mitos yang melekat pada mendiang Putri Diana. Maklum, Putri Diana mengalami nasib yang malang dalam bahtera kehidupan rumah tangganya dan meninggal pada kecelakaan mobil. “Kate berusaha melepaskan semua masalah yang pernah dialami oleh Putri Diana,” kata penulis buku Kerajaan Inggris Andrew Morton, seperti dikutip dari AFP.

Morton melihat ada bahaya kecil pada pernikahan Kate dengan William. Kate akan menjalani pernikahan yang didasari rasa cinta dan adanya beban di mana Putri Diana yang harus tumbang dalam pernikahan dengan Pangeran Charles.

“Kate lebih tua dibandingkan Diana ketika dia menikah. Kate berusia 29 tahun hampir sama dengan usia William. Kate adalah pribadi yang mata dan didukung oleh keluarga dan kawa-kawannya yang kritis,” kata Morton. Yang penting, Morton menegaskan, “Kate menikah dengan seorang pria yang memang mencintainya”.

Dalam buku “William and Catherine, Their Lives, Their Wedding”, Morton menyebutkan Kate dianggap sebagai pribadi yang kuat. “Kate memiliki selera humor yang baik,” katanya.

Hubungan Kate dan William juga sangat berbeda dengan Diana dan Charles. Kate dan William menjalin hubungan cinta selama delapan tahun. Berbeda dengan Diana yang menikah dengan Charles setelah berkencang selama bebrapa bulan.

“Perbedaannya adalah bahwa Charles dan Diana berpacaran singkat sekali, bahkan mereka tidak sering bertemu, mereka juga tidak mengenal satu sama lain dengan baik,” kata Morton. “Kalau William dan Kate telah tinggal bersama, mereka sudah mengenal di sisi ranjang mana pasangan mereka tidur. Mereka seperti pasangan yang sudah lama menikah, begitulah sejujurnya,” tuturnya. (andika hendra m)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia