John Kerry Turun Tangan

Utusan khusus Amerika Serikat, John Kerry, tiba di Pakistan untuk memecahkan sengketa diplomatik berkaitan dengan pria warga Amerika Serikat, Raymond Davis. Davis ditahan di Pakistan dengan dakwaan pembunuhan dan kepemilikan senjata gelap.

Davis mengaku menembak mati dua orang di Lahore, bulan lalu, namun menegaskan sebagai tindakan membela diri karena kedua pria tersebut ingin merampoknya. “Kasus ini tidak masuk dalam pengadilan karena dia memiliki kekebalan diplomatik sebagai administrator tehnik Kedutaan Besar Amerika Serikat di Islamabad. Kami yakin dokumennya jelas dalam hal itu,” tutur John Kerry

Kerry juga berjanji bahwa Raymond Davis akan diselidiki secara hukum di Amerika Serikat jika dibebaskan oleh pihak berwenang Pakistan. “Sudah biasa dalam insiden seperti ini pemerintah kami akan melakukan penyelidikan kriminal. Begitulah hukum kami. Dan saya bisa memberikan jaminan sepenuhnya hari ini bahwa hal itu akan ditempuh,” katanya.

Pemerintah Amerika Serikat sudah menegaskan akan memberikan bukti-bukti di pengadilan tentang kekebalan diplomatik Raymond Davis. Masalah ini menimbulkan ketegangan diplomatik antara kedua negara karena mayoritas warga Pakistan meminta Davis diadili di Pakistan. (BBC/AFP/andika hm)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia