Obama Berikan Medali Kebebasan pada Merkel

Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama memberikan pengahrgaan Medali Presidensial Kebebasan kepada Kanselir Jerman Angela Marker. Medali Kebebasan itu merupakan penghargaan bagi warga sipil tertinggi.

Merkel merupakan salah satu dari 15 nama yang ditunjuk Obama, selain Presiden George H.W Bush, investor legendaris Warren Buffett dan penyair Maya Angelou. Secara khusus Obama memberikan catatan khusus kepada Merkel. Menurut Obama, Merkel merupakan pertemuan pertama dari Jerman Timur yang menjadi kanselir Jerman bersatu dan kerap menyeruakan kebebasan sebagai pengalaman yang paling membahagiakan dalam kehidupannya.

“Ini kehormatan yang diterima bagi mereka yang sukses dalam berbagai bidang dan berasal dari berbagai latar belakang. Tetapi semuanya menjalani hidup yang luar biasa yang telah menginspirasi kami, memperkaya budaya kita, dan membuat negara kita dan dunia kita menjadi tempat yang lebih baik,” kata Obama dalam pernyataannya.

Penyerahan penghargaan ini pun akan dirayakan pada awal tahun depan di Gedung Putih. Selain Bush, politisi lainnya yang ditunjuk Obama adalah anggota kongres John Lewis. Selain itu, penerima penghargaan ini di antaranya pemain cello Yo-Yo Ma, dan Dokter Tom Little yang terbunuh di Taliban, Afghanistan pada Agustus. Serta pemain basket Bill Russell dan atlet baseball Farmer Stan Musial.

Kemudian, John Adams, pendirik Dewan Pertahanan Sumber Daya Alam, sebuah lembaga nirlaba yang fokus terhadap advokasi lingkungan, juga menerima penghargaan tersebut. Tidak ketinggalan, medali itu juga diberikan kepada Gerda Weissmann Klein, korban selama Holocaust (Pembunuhan Besar-Besaran) Yahudi, yang telah menulis tentang beberapa buku tentang pengalamannya.

Gedung Putih juga memberikan penghargaan kepada Sylvia Mendez, aktivis hak-hak sipil warga keturunan Meksiko dan Puerto Rico. Kemudian, Jean Kennedy Smith, pendiri VSA, lembaga nirlaba yang mempromosikan anak-anak berbakat, anak muda, dan orang dewasa yang memiliki cacat tubuuh.

Khusus Buffett, salah satu investor paling sukses di dunia yang telah menyumbangkan sebagian besar kekayaannya untuk amal, adalah satu-satunya wakil dari dunia usaha yang mendapatkan kehormatan ini. Terkait hal itu, Buffet menerbitkan ucapan berupa surat “terima kasih” yang ditujukan kepada pemerintahan Obama di New York Times.

Buffett mengatakan, intervensi AS pada krisis finansial mencegah banyak perusahaan jatuh bangkrut sehingga menyelamatkan jutaan lapangan kerja. Pemilik Berkshire Hathaway Inc, Buffett tak terduga mengumumkan pada 2006 bahwa ia akan memberikan sebagian kekayaannya, senilai sekira USD40 miliar, sebagian besar ke Bill dan Melinda Gates Foundation.

Buffett merupakan salah satu pembela terdekat Obama dalam komunitas bisnis. Obama telah meminta nasihatnya sebelum kembali maju ke kampanye presiden 2008. Buffett memuji Ketua Federal Reserve Ben Bernanke, mantan Presiden George W Bush dan pejabat pemerintah lainnya untuk memimpin upaya-upaya untuk menyelamatkan perekonomian selama krisis keuangan dua tahun lalu. “Perusahaan saya sendiri, Berkshire Hathaway, mungkin yang terakhir akan jatuh. Tapi, perbedaan yang menyediakan hiburan kecil,” kata Buffett yang dijuluki “Oracle of Omaha.” (AFP/Rtr/andika hm)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia