Warga Yahudi Wajib Sumpah Setia

Perdana Menteri Israel mengatakan ingin mewajibkan orang-orang Yahudi menyatakan sumpah setia kepada negara Israel ketika menjadi warga di negara tersebut. Bila disetujui, nantinya orang-orang Yahudi harus menyatakan sumpah setia kepada Israel sebagai negara demokrasi dan negara Yahudi.

Keinginan PM Benjamin Netanyahu ini disampaikan Senin (18/10) ketika menteri kehakiman tengah menyiapkan perubahan terhadap UU Kewarganegaraan. Awalnya, ini ketentuan sumpah setia hanya berlaku untuk orang-orang non-Yahudi. Kewajiban ini sendiri membuat marah kelompok minoritas Arab di Israel dan Partai Buruh.

Sikap masyarakat di Israel juga terbelah dan pada hari Sabtu ribuan orang berunjuk rasa di Tel Aviv menentang perubahan UU Kewarganegaraan. RUU ini masih harus disetujui oleh Knesset, parlemen Israel. Pengakuan Israel sebagai negara Yahudi menjadi salah satu tuntutan utama Israel dalam perundingan damai dengan Palestina. Otoritas Palestina mengatakan mereka setuju mengakui Israel sebagai negara, bukan sebagai negara Yahudi. (BBC/andika hm)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia