Sumo Mewabah di Mongolia

Gulat tradisional sumo tiba-tiba saja menjadi sangat digemari di Mongolia, termasuk kaum wanita. Para pegulat pria asal Mongolia telah mencapai peringkat paling tinggi dalam olahraga tersebut di Jepang, negara asal sumo, dan sepanjang beberapa tahun belakangan, semakin banyak pula wanita yang terjun ke arena sumo.

Tim nasional memiliki dua belas anggota yang ikut bertarung, yang paling tua berusia 30 tahun sedangkan yang paling muda baru 15 tahun. “Usia orang-orang yang masuk tim saya semakin muda saja, karena olahraga ini tambah digemari di Mongolia,” kata pelatih Sogoo.

Tahun 2002, ketika Mongolia mulai ikut serta dalam kejuaraan sumo wanita dunia. “Saya harus meminta orang dari tim yudo. Sekarang, gadis-gadis dari usia 10 tahun datang untuk berlatih dengan kami,” tutur Soogo.

Tidak ada statistik resmi, namun menurut pelatih tersebut, ribuan perempuan berlatih sumo di seluruh negara itu. Tim wanita Mongolia sudah meramaikan kompetisi sumo di seluruh dunia dan hampir tidak pernah kembali dari turnamen internasional dengan tangan kosong. “Mongolia adalah di antara tiga tim bersama-sama dengan Rusia dan Ukraina - bahkan tim Jepang di bawah kami,” kata pelatih Sogoo. (BBC/andika hm)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia