Panti Jompo Terbakar, 9 Tewas


MOSKOW (SINDO) – Sebuah kebakaran di panti jompo yang dihuni para pensiunan menewaskan sembilan orang.Kebakaran itu dipicu aksi bunuh diri seorang kakek berusia 86 tahun membakar diri dengan bensin.

Delapan orang jompo yang sedang tidur di kamar mereka ikut jadi korban tewas akibat aksi kakek tersebut. Sedangkan 480 orang berhasil dievakuasi oleh tim penyelamat. Panti jompo tersebut terletak di Vishniy-Volochek, sebuah kota sekitar 200 km barat laut Moskow, Rusia. Panti jompo itu biasa menampung para veteran Rusia.

Juru Bicara Kementerian Darurat Daria Korovina mengatakan, dua orang terluka dalam insiden tersebut. Korovina mengemukakan bahwa para penyidik menemukan cairan bahan bakar di sebuah ruangan panti jompo itu.Cairan itu memicu kebakaran. Dalam penyidikan sementara, api membesar setelah pasien lakilaki terbakar dalam usaha bunuh diri yang kemudian delapan mengakibatkan delapan kawannya ikut tewas.

“Sebagai akibat dari kebakaran tersebut, sembilan orang meninggal dan dua orang terluka,” demikian kementerian urusan darurat. Bukan hanya kali ini, kebakaran panti jompo juga terjadi di Rusia. Lemahnya aturan keselamatan dan kurangnya kualitas infrastruktur yang memadai di Rusia menyebabkan kebakaran yang terjadi selalu memakan korban jiwa.

Sebanyak 18.000 orang tewas akibat kebakaran setiap tahunannya. Umumnya, kebakaran kerap terjadi di rumah sakit,sekolah,dan fasilitas negara lainnya. Pada Januari 2009 sedikitnya 23 orang tewas di sebuah panti jompo di Rusia utara. Sedangkan pada Agustus 2008 empat orang tua tewas di panti perawatan di Shchebekino dekat perbatasan dengan Ukraina. (AFP/BBC/CNN/ andika hm)
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/348030/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia