Macet Total di China Sepanjang 100 Km


BEIJING (SINDO) – Kemacetan luar biasa parah terjadi di luar Kota Beijing, China.Antrean kendaraan yang terjadi sejak 14 Agustus 2010 itu mencapai 100 km.


Penyebab utama kemacetan adalah perbaikan jalan yang belum selesai dan banyaknya jumlah kendaraan. Hal itu diperparah dengan banyaknya mobil yang mogok karena mesinnya tidak kuat digunakan selama berhari-hari. Memasuki hari ke-10,kemarin, para pejabat China masih pesimistis kemacetan bakal terurai dengan cepat.Menurut Direktur Biro Manajemen Lalu Lintas Kota Zhangjiakou, Zhang Minghai,kemacetan terjadi sepanjang 100 km.“Mobilmobil hanya bergerak pelan sekali dengan kecepatan 1 km per jam,” kata Zhang.

Selebihnya,kendaraan tersebut lebih banyak berhenti. Kemacetan sepanjang jalan tol Beijing–Zhangjiangkou sulit kembalinormal.“ Pembangunan dan perbaikan jalan tol di Beijing menyebabkan kemacetan lalu lintas terparah itu.Padahal,perbaikan jalan tersebut baru selesai 17 September,” ujarnya. Otoritas setempat telah mencoba mengizinkan truk memasuki Kota Beijing pada malam hari. Para penduduk lokal pun memanfaatkan kesempatan.

Mereka menjual mi instan, nasi kotak, makanan ringan kepada para pengemudi truk dan mobil. Harga makanan yang dijual pun melonjak lima kali lipat dibandingkan harga normal di pasaran. Salah satu sopir, Jia, mengaku telah terjebak di Kota Wulanchabu, Inner Mongolia, selama tiga hari. Kendaraan yang dibawa Jia membawa 49 ton batu bara.Dia putus asa dengan keadaan tersebut. (AFP/Rtr/CNN/andika hm)
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/346882/38/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia