Warga Yaman Diekstradisi dari Guantanamo

Tahanan GuantanamoWarga Yaman yang ditahan di Guantanamo selama delapan tahun telah dipulangkan ke negaranya. Pemulangan itu dilakukan setelah pengadilan Amerika Serikat memerintahkan pembebasan Mohammed Odaini,26 tahun, karena tidak ada hubungan dengan Al Qaeda dan karena penahanan yang salah.

Dalam putusan yang dikeluarkan 26 Mei, Hakim Henry Kennedy mengatakan, pengacara pemerintah Amerika Serikat gagal meyakinkan dia bahwa Odaini secara hukum dapat ditahan. “Bukti di pengadilan menunjukkan bahwa menahan Odaini dengan pengorbanan besar bagi dia tidak membuat Amerika Serikat lebih aman,” katanya. “Tidak ada bukti bahwa Odaini memiliki hubungan dengan Al Qaeda,” imbunya.

Kennedy juga mengatakan, pihak berwenang telah menahan pemuda Yaman ini di Kuba dari usia 18 sampai 26 tahun. “Mereka mencegah dia menemui keluarganya dan mencegah peluang dia menyelesaikan studinya serta memulai karir dia,” paparnya. Odaini merupakan orang Yaman pertama yang dipulangkan sejak Presiden Barack Obama menghentikan pemulangan. (BBC/AFP/Rtr/andika hm)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia