Inggris Dirikan Universitas Swasta Pertama

LONDON (SI) – Setelah 30 tahun, untuk kali pertamanya, Inggris akan memiliki sebuah universitas swasta. Pengumuman didirikannya universitas swasta itu diungkapkan Kementerian Universitas Inggris pada Senin (26/7) lalu.

Menteri Universitas David Willetts mengizinkan dibukanya Kampus Kajian Profesional BPP (Brierley Price Prior) yang berbasis di London dan memiliki 14 cabang untuk menjadi sebuah universitas. Awalnya BPP hanya memiliki jurusan akuntansi dan administrasi keuangan. Dengan menjadi universitas swasta pertama di Inggris, BPP akan menambang jumlah bidang studinya meliputi kesehatan dan pengajaran. “Universitas swasta akan menciptakan sistem gelar yang dinamis dan fleksibel,” ujar Willetts. Nantinya, BPP akan membuat program baru dalam 12 bulan mendatang.

Rencananya, perguruan tinggi ini menawarkan keahlian di bidang kesehatan seperti keahlian kesehatan gigi, perawatan, radiografi, terapi bicara, psikologi, dan fisioterapi. “Itu akan menyehatkan sektor swasta sehingga dapat bekerja beriringan dengan universitas negeri,” papar Willetts. “Saya sangat terkesan dengan itu.Kurang dari empat bulan saya menjabat, kita menciptakan universitas pertama dalam kurun waktu 30 tahun terakhir,” kata Willetts. Sebenarnya BPP merupakan kampus yang menjadi bagian dari salah satu kampus terbesar di Amerika Serikat (AS) yakni Universitas Phoenix.

Universitas swasta yang berorientasi mencari keuntungan memang berkembang pesat di AS. Willetts berharap, universitas swasta akan membantu mengembangkan program inovatif dalam pembelajaran, seperti kuliah online. Pengembangan dengan sistem swasta dipandang pemerintah sebagai salah satu jalan untuk membebaskan tekanan keuangan dan kekurangan sistem pendidikan di universitas. Universitas swasta dapat memberikan kapasitas tambahan, ketika ribuan calon mahasiswa ditolak masuk ke universitas negeri.Universitas BPP juga tidak akan mendapatkan sokongan dana dari pemerintah.Pasalnya,mereka dapat menyusun sendiri daftar biaya kuliah.

BPP saat ini telah memiliki lulusan 6.500 di bidang hukum dan bisnis.Sedangkan lebih dari 30.000 alumni memiliki kompetensi di bidang akuntansi. BPP menjadi universitas pertama yang didirikan sejak dibentuknya Universitas Buckingham yang menjadi universitas swasta pada 1970-an. Universitas Buckingham menjadi institusi pendidikan di Inggris yang beroperasi tanpa dana pemerintah “Potret pendidikan saat ini berubah. Kita melihat selama beberapa dekade sebuah perubahan yang berbeda,baik dari siswa maupun pekerjanya. Itu disebabkan karena permintaan dari publik yang berubah.

Mereka meminta perubahan metode pembelajaran dan mengutamakan pelatihan kepada mahasiswa,” ujar CEO BPP Carl Lygo. “Saat ini, kita adalah pionir di bidang ini. Kita berharap, status unik dan model pendanaan sendiri akan memicu institusi pendidikan lainnya meniru konsep kita,” kata Lygo. BPP didirikan dengan nama asli Brierley Price Prior pada 1976,sebagai pelatihan akuntan. Namun, perubahan BPP menjadi universitas justru disambut pesimistis oleh Asosiasi Universitas dan Perguruan Tinggi (UCU).

Sekretaris Jenderal UCU Sally Hunt mengatakan,kabar itu justru menjadi tanda kemunduran akademis di Inggris.“Pertumbuhan institusi swasta bakal menjadi bencana bagi reputasi akademik. Itu akan menjadi representasi bagi ancaman besar kebebasan akademik,” papar Hunt. (BBC/Guardian/DM/ andika hm)
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/340755/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia