Ahmadinejad Ingatkan UE Perihal Sanksi


TEHERAN (SI) – Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad kemarin memperingatkan Uni Eropa (UE) jika memberlakukan sanksi sepihak terhadap negaranya.


Dia mengatakan, Teheran akan bereaksi cepat dan menyebabkan ”penyesalan mendalam”. ”Kita tidak akan menyambut ketegangan atau resolusi baru. Kita akan berpikir logis dan bersahabat,” ungkap Ahmadinejad. ”Saya seharusnya mengatakan kepada Anda bahwa seseorang yang akan mengadopsi tekanan terhadap bangsa Iran,seperti inspeksi kapal atau pesawat kita, seharusnya tahu bahwa Iran akan bereaksi cepat,”tambahnya. Menurut Ahmadinejad, pengalaman menunjukkan bahwa reaksi yang dilakukan bangsa Iran akan menyebabkan ”penyesalan mendalam” bagi Uni Eropa.

Dia menambahkan, siapa saja yang berpartisipasi dalam skenario AS, Iran akan menganggap mereka sebagai musuh. ”Iran akan merespons kuat segala ancaman mereka,”paparnya. Menurut Ahmadinejad,AS dan sekutunya sangat khawatir dengan kemajuan Iran.”Dengan melancarkan perang psikis,mereka berpikir bahwa mereka dapat menghalau kemajuan bangsa Iran,”katanya. UE diperkirakan akan memberlakukan sanksi bagi sektor energi Iran setelah sanksi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa- Bangsa (DK PBB) pada 9 Juni lalu. Sanksi lainnya juga termasuk pelarangan penjualan perlengkapan teknologi bagi industri energi Iran.

Jika diberlakukan sanksi tersebut, aktivitas industri minyak Iran bakal terpukul. Dari Istambul,Turki, menteri luar negeri (menlu) Iran,Turki,dan Brasil bertemu untuk membahas pelaksanaan kesepakatan pertukaran nuklir segitiga yang ditandatangani pada Mei. ”Menterimenteri luar negeri Iran,Turki,dan Brasil akan bertemu di Istambul untuk membahas perkembangan terakhir berkaitan dengan deklarasi pertukaran nuklir Teheran,” ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Ramin Mehmanparast. (AFP/Rtr/BBC/andika hm)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia