Israel Luncurkan Satelit Mata-Mata

YERUSALEM (SI) – Israel meluncurkan sebuah satelit mata-mata yang diperuntukkan untuk mengawasi program nuklir Iran. Satelit yang dilengkapi dengan kamera beresolusi tinggi itu mampu memberikan data-data lengkap untuk kepentingan intelijen Israel.

Departemen Pertahanan Israel menyatakan satelit yang diberi nama Ofek 9 itu diluncurkan dari pangkalan Angkatan Udara di Palmachim di pantai selatan berdekatan dengan Tel Aviv. Ofek 9 bakal melengkapi tiga satelit mata-mata yang telah mengorbit di angkasa. ”Satelit itu memberikan informasi kepada Israel mengenai fleksibilitas operasional yang lebih luas.

Hal itu diperlukan karena kami memiliki kepentingan lain pada sebuah target,” ungkap Chaim Eshed, direktur program antariksa militer Israel kepada The Jerusalem Post. Satelit itu diluncurkan pada Selasa (22/6) lalu,tetapi tersiar kabar di media-media Israel, kemarin. Media-media lokal menyebutkan, peluncuran ini untuk membantu memonitor program nuklir Iran.

Israel percaya Iran melakukan pengayaan uranium untuk tujuan memproduksi senjata nuklir,meskipun tuduhan tersebut ditolak Iran. Israel secara luas diyakini satu-satunya negara di Timur Tengah yang memiliki senjata nuklir. Selain untuk mematamatai Iran,target satelit ini adalah Suriah. Menurut pejabat kementerian pertahanan Israel yang tak bersedia disebutkan identitasnya, setiap satelit Israel dilengkapi kamera resolusi tinggi.

Mereka mengatakan kamera yang dipasang di Ofek 9 dibuat oleh Elbit,sebuah perusahaan optik berteknologi tinggi di Israel. Mereka menjelaskan, kamera dapat juga dipasang di peluru kendali dan peluncur dari darat. Isaac Ben-Israel, mantan kepala agen angkasa Israel,mengatakan kepada Radio Israel satelit itu seberat 300 kilogram lebih kecil dari satelit mata-mata Amerika Serikat.

Pada tahun 2007, pesawat tanpa awak Israel menghancurkan fasilitas nuklir Syria yang sedang dalam proses pembangunan.Israel tak berkomentar atas serangan tersebut, namun secara luas dilaporkan bahwa serangan itu dilakukan oleh pesawat tempur Israel. Pada tahun 2008, Israel meluncurkan satelit mata-mata dari India dilengkapi sistem radar yang dapat memotret segala cuaca. (AFP/Rtr/BBC/andika hm)
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/333365/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia