AS Suap Gerilyawan Taliban

Penyidik Kejahatan Militer mengungkapkan militer Amerika Serikat membayarkan USD 4 juta per minggu ke perusahaan-perusahaan keamanan Afghanistan yang menyalurkan dana ke pimpinan gerilyawan. Truk yang mengangkut pasukan Amerika dilaporkan membayar perusahaan jasa keamanan untuk memastikan konvoi mereka bisa lewat secara aman di wilayah-wilayah berbahaya di Afghanistan.

“Konvoi diserang jika uang tidak disetorkan,” demikian kesimpulan laporan penyidik militer AS. Dalam laporan tersebut mengungkapkan truk yang mengangkut makanan, air, BBM dan amunisi mungkin mendatangkan pemasokan sekitar USD4 juta per pekan ke perusahaan keamanan Afghanistan.

Suatu komite Kongres AS dijadwalkan untuk memdengar keterangan mengenai investigasi tersebut dari sejumlah pejabat senior di Departemen Pertahanan AS hari Selasa waktu setempat. Subkomite Kongres yang melakukan investigasi mengatakan uang suap dibayarkan kepada Taliban dan bisa dikatakan setiap gubernur, kepala polisi dan panglima militer setempat yang wilayahnya dilalui konvoi militer. (AFP/BBC/andika hm)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia