Ultah,YouTube Layani 2 Miliar Video Per Hari

SAN FRANCISCO (SI) – YouTube menyatakan, jumlah video yang diakses oleh para pengunjung mencapai dua miliar per hari.Ini sebagai sinyal positif dalam perayaan Ulang Tahun Kelima YouTube pekan ini.


“Terima kasih, situs kita telah melawati tonggak sejarah dan kini telah mencapai dua miliar video per hari,” demikian tulis tim YouTube dalam blog mereka. “Ini hampir dua kali tayangan utama di tiga stasiun televisi jaringan Amerika Serikat (AS) jika digabungkan.” Menurut pendiri YouTube, Chad Hurley, ulang tahun kelima merupakan kesempatan besar untuk lebih maju di pasar video online. Dia menegaskan, YouTube mempersiapkan diri menjadi pemimpin di dunia maya. “Kita berada di panggung dan kita memberikan setiap orang di dunia ini sebuah kesempatan untuk berpartisipasi dan menjadikan video sebagai solusi bagi semua orang,” paparnya.

Hurley mengatakan, dua miliar download merupakan lonjakan bersejarah.“Saya merasa kita harus terus melaju ke depan,” paparnya. Dia memaparkan, 2 miliar video merupakan jumlah orang dengan rata-rata 15 menit per hari mengaksesYouTube,dibandingkan 5 jam per hari setiap orang menonton televisi. “Kita bangga dengan apa yang kita capai tetapi kita masih memiliki banyak pekerjaan ke depannya,”tambahnya. Menjelang ulang tahun kelima, YouTube meluncurkan dengan satu video bertajuk My YouTube Story yang berisi sejarah dan pengaruh budaya perusahaan tersebut.Video tersebut juga berisi cerita dari orang di seluruh dunia tentang bagaimana Youtube mengubah dan menjadi bagian hidup mereka.

Selain itu, mereka meluncurkan YouTube 5 Year Channel, video yang menampilkan interaksi antara pengguna dengan YouTube. YouTube ingin pengguna mengirimkan video yang berisi cerita mereka tentang dampak situs tersebut terhadap kehidupan mereka. Berbagai video menunjukkan, seorang sutradara film dokumenter yang menceritakan demonstrasi di Iran melalui YouTube.Ada juga seorang pria yang berbagi kisah perjuangannya melawan kanker melalui situs tersebut. Layanan interaktif itu merupakan pencapaian bersejarah bagi YouTube. “Kita tidak dapat memprediksi apa yang telah dilakukan YouTube selama lima tahun terakhir.Lebih sulit lagi membayangkan apa yang dapat dilakukan YouTube dalam lima tahun mendatang,” papar anggota tim YouTube. Lima tahun lalu, pada bulan Mei para pendiri YouTube menguji coba dan menyiapkan You- Tube.com dalam versi beta pertama.

YouTube resmi didirikan pada April 2005 oleh tiga pemuda, yakni Steve Shih Chen, Jawed Karim,dan Chad Hurley.Lebih dari setahun setelah kemunculan You- Tube di dunia maya, situs ini memiliki penggemar jutaan orang. Dari sekian perusahaan yang mengajukan tawaran, akhirnya Google yang berhasil membeli You- Tube. Google membeli YouTube senilai USD1,65 miliar setelah situs aktif selama 19 bulan.

Raksasa internet itu cukup berhati-hati mengelola YouTube menjadi mesin pencetak uang, mulai dari video rumahan hingga film independen. Menurut Ryan Lawler, pengelola situs video NewTeeVee.com, YouTube mampu mengubah cara pandang manusia di penjuru dunia dalam beberapa tahun ke depan. (AFP/BBC/andika hm)
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/324972/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia