Miliader Inggris Makin Kaya Di Tengah Kelesuan Ekonomi

1.000 orang terkaya di Inggris mengalami peningkatan kekayaan sebanyak 30% dibandingkan tahun lalu. Adanya resesi global, justru menjadi sebuah keberuntungan bagi para miliader Ingris. Peningkatan itu paling tinggi dalam dua dekade terakhir.

Dari 1.000 orang terkaya tersebut memiliki kekayaan senilai 77 miliar poundsterling hingga 333,5 miliar poundsterling. Dengan jumlah miliader meningkat dari 43 menjadi 53. Jika dibandingkan dengan tahun 2008 yang mencapai 413 miliar poundsterling dan 75 miliader. Jelas, pada 2009, jumlah orang kaya Inggris cukup menurun.

Miliader baja Lakshmi Mittal masih menjadi orang terkaya Inggris berdasarkan daftar tahunan orang terkaya yang dirilis Sunday Times Rich List. Kekayaan Mittal meningkat dari 10,8 miliar poundsterling menjadi 22,4 miliar dibandingkan tahun lalu. Peningkatkan jumlah kekayaan tersebut disebabkan oleh kenaikan harga baja.

Roman Abramovich masih menduduki di perinkat kedua dengan kekayaannya meningkat sebanyak 6% atau sekitar 400 juta poundsterling, menjadi 7,4 miliar poundsterling. Sedangkan warga Inggris yang masuk daftar adalah Duke of Westminster, yang kekayaan kerajaan propertinya meningkat sebanyak 250 juta poundsterling atau menjadi 6,75 miliar poundsterling.

Dari dunia artis, Daniel Radcliffe meraup uang 37 juta poundsterling dari film Harry Potter. Mengutip situs The Sun, aktor muda berusia 20 ini telah menginvestasikan honor akting filmnya itu dalam bentuk properti di London dan New York. Tak hanya mengumpulkan harta untuk diri sendiri, ia juga terkenal sebagai dermawan yang kerap menyumbangkan sebagian uang miliknya untuk lembaga-lembaga sosial.

Sementara itu, sahabat Daniel, Emma Watson (20) yang memerankan Hermione Granger di Harry Potter mampu meraih 22 juta poundsterling. Sedangkan Rupert Grint pemeran Ron Weasley di Harry Potter mengumpulkan harta senilai 20 juta poundsterling. Rupert menginvistasikan dalam bentuk rumah besar Hertfordshire dan sebuah van es krim.

Sedangkan penulis serial Harry Potter JK Rowling memiliki kekayaan 519 juta poundsterling. Kekayaan itu berasal dari royalti dan waralaba produk-produk yang berkaitan dengan Harry Potter. Diperkirakan kekayaan JK Rowling bakal meningkat setelah pembukaan taman Harry Potter di Florida, AS, pada Juni mendatang.

Sedangkan perempuan terkaya Inggris adalah mantan Miss UK Kirsty Bertarelli, yang menikah dengan Ernesto Bertarelli, pengusaha pharmasi asal Swiss sebelum menjualnya ke grup Jerman, Merck empat tahun lalu. Kekayaan pasangan tersebut jika digabungkan mencapai USD5,95 miliar atau meningkat 950 juta poundsterling.

Menariknya, daftar orang terkaya yang paling tua dipegang oleh novelis Jack Higgins yang berusia 80 tahun. Pria yang menulis “The Eagle has Landed” itu memiliki kekayaan 53 juta poundsterling. Selain itu ada juga mantan guru bahasa Inggris Kevin McNeaney, 67, dari
Armagh yang mampu mengumpulkan kekayaan dari bisnisnya, Acorn Care and Education sebesar 50 juta poundsterling. (BBC/Guardian/andika hm)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia