Bayi Enam Bulan Bisa Berjalan


LONDON (SI) – Xavier King membuat kaget orang tua dan dokter di seluruh dunia. Bayi yang baru berusia enam bulan itu sudah mampu berjalan tanpa dibantu dengan alat atau pun orang lain.

Xavier mampu belajar dengan cepat. Dia mampu duduk dengan sempurna pada usia tiga bulan. Tiga bulan kemudian, dia mampu berjalan sejauh satu meter tanpa terjatuh. Ajaib! Orang tua Xavier, Mary dan David, pun sempat tak mampu berucap sepatah kata pun saat menyaksikan putra mereka lihai berjalan setengah tahun lebih cepat dibandingkan bayi pada umumnya.

Mary, asal Cambridge, Inggris, mengungkapkan bahwa putra pertamanya itu memang tumbuh lebih cepat dibandingkan usianya. “Sungguh menakjubkan ketika dia mampu berdiri sendiri tanpa bantuan,” ujarnya.Apalagi Xavier tidak sempat merangkak. “Sungguh luar biasa ketika ia bangun dan mulai menempatkan satu kakinya di depan kaki yang lain,”kata Mary.

Masalahnya,kini sang ibu tidak dapat meninggalkan Xavier seorang diri.“Karena itu, saya membeli pena mainan supaya dia tak jadi nakal,”paparnya.Xavier yang kini berusia 7 bulan lahir pada Juli tahun lalu dengan berat 4kg. Mary mengungkapkan, kursi bayi yang biasa digunakan untuk mendudukan anak semata wayangnya dapat membantu perkembangan otot kakinya.

“Lucu rasanya mengingat bagaimana ia bisa berjalan tanpa harus belajar merangkak. Saya selalu berpikir itu hanyalah suatu jalan lain,”katanya. Baik Mary atau pun suaminya, David, 27, yang bekerja sebagai manajer pusat perbelanjaan heran karena biasanya bayi tidak pernah belajar jalan sampai usia setahun.

Kebanyakan bayi biasanya mulai mendorong badannya dengan menggunakan kakinya pada usia sekitar 9 bulan dan akan berdiri sendiri tanpa bantuan saat berumur 11 atau 12 bulan. Sebagian besar bayi akan pandai berjalan kaki pada usia 18 bulan meskipun ada bayi lainnya yang butuh waktu lebih lama.“Kami pergi ke kamar anakanak dan di sana tidak ada anakanak yang lebih tua dari dia yang sudah bisa berjalan,”kata Mary.

Sementara Dokter anak,Martin Ward Platt, mengungkapkan apa yang menimpa Xavier adalah fenomena tidak lazim. “Menjadi terlalu cepat dewasa sebelum waktunya yang ditandai dengan cara berjalan adalah hal yang tidak biasa,” ujarnya.

Tapi, dari 700.000 bayi yang lahir di Inggris,hal itu bisa saja terjadi dari waktu ke waktu. Platt mengungkapkan, bagi orang tua yang memiliki anak lebih cepat tumbuh dibandingkan biasa agar lebih waspada dan hati-hati menjaga putra mereka. Pasalnya, anak yang memiliki pertumbuhan cepat cenderung hiperaktif. (DM/Telegraph/andika hm)
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/304934/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia