Bill Gates Luncurkan Blog Pribadi

WASHINGTON (SI) – Setelah bermain- main dengan situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, kemarin pendiri perusahaan komputer terbesar di dunia Microsoft, Bill Gates meluncurkan blog pribadi untuk pertama kali.

Blognya dapat diakses dengan alamat http://www.gatesnotes.com/ dengan tajuk “An inside look at global matters”. Bill Gates mengungkapkan alasan kenapa dia mulai tertarik menulis di blog.Yakni untuk menjawab berbagai pertanyaan banyak orang selama ini. “Karena saya meninggalkan pekerjaan di Microsoft untuk mendedikasikan diri ke yayasan kami,banyak orang bertanya tentang apa yang saya kerjakan,”ungkap Gates.

“Aku beruntung karena orangorang ahli yang menjadi mitra saya dan saya belajar banyak tentang bidang mereka.Banyak catatan yang kubuat dan saya pikir menarik untuk membaginya secara lebih luas melalui situs internet,”tuturnya. Gates menuturkan harapannya agar situs ini dapat memberi inspirasi dan pembelajaran bagi masyarakat luas tentang suatu isu yang menurutnya penting dan menarik.

“Misalnya, tentang gempa bumi di Haiti yang mengundang keprihatinan masyarakat dunia,pandemik global, atau reformasi pendidikan,” ujar pria kelahiran 28 Oktober 1955 itu. Kemudian, Gates juga menampilkan topik-topik yang dikelompokkan dalam beberapa kategori, termasuk “What I’m Learning”, “My Travels”,“What I’m Thinking About”,dan“Curious Classroom”.

Gates juga menampilkan ringkasan dan resensi buku ekonomi yang terakhir dia baca yakni karya Steven Levitt dan Stephen Dubner, “Super Freakonomics”.“Saya merekomendasi bagi semuanya untuk membaca buku ini. Memang saya terlalu bias karena ada tiga cerita di buku tersebut mengenai saya,” demikian ditulis Gates dengan jujur. Sementara dalam rubrik “What I’m Thinking About”, Gates menulis tentang pentingnya bantuan bagi korban gempa di Haiti.

“Pertanyaan bagi semua mengenai gempa Haiti adalah ‘Apa yang bisa saya bantu?’”tulis Gates. Melalui yayasannya, Gates mencerita bahwa dia dan organisasi lainnya bahu membahu bekerjasama bagi rakyat Haiti. Asyiknya,Gates juga membuat rubrik tanya jawab bagi siapapun yang ingin bertanya kepadanya melalui blog pribadinya.

Dia membuka interaksi melalui dunia maya untuk menjangkau siapapun tanpa memandang latar belakang dan kepentingan. Dalam blog pribadinya, Gates menjawab pertanyaan dari seorang pengusaha dari India mengenai kenapa dia tidak fokus terhadap isu pemanasan global. Gates menjawab bahwa yayasannya telah membantu rakyat miskin melalui penyediaan energi yang murah yang merupakan bagian dari solusi masalah pemanasan global. (Gatesnotes/andika hm)
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/300214/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia