Restoran Italia Pecahkan Rekor Bakso Raksasa

CONCORD(SI) – Restoran Italia di Amerika Serikat (AS) kemarin berhasil memecahkan rekor baru yaitu bakso terbesar di dunia.

Nonni, nama restoran tersebut, membuat bakso raksasa dengan berat 222,5 pon atau 102,26 kg. Matthew Mitnitsky, pemilik restoran Nonni,mengatakan bahwa bakso itu sebagai bakso terbesar di planet bumi ini setelah ditimbang para pejabat dari Departemen Pengukuran Negara Bagian New Hampshire. Para petugas dari Guinness Book of World Records juga mengonfirmasi bahwa bakso raksasa itu telah masuk dalam catatan mereka. Berapa lama waktu untuk memasak bakso raksasa tersebut? Mitnitsky mengatakan, bakso itu dimasak selama tiga hari.

“Bakso itu benar-benar dapat dimakan,” katanya.Untuk merayakan rekor itu, restorannya menggelar lomba makan bakso. Rekor bakso terbesar sebelumnya adalah 198,6 pon yang tercipta satu bulan lalu di Los Angeles. Rekor tersebut dibuat oleh selebritis Jimmy Kimmel untuk mengalahkan rekor bakso yang tercipta di Mexico yang hanya 109 pon pada Agustus 2009. Rainer Zingrebe, kepala juru masak atau koki Hotel Ritz Carlton Cancun mengungkapkan, 109 pound (49,5 kg) sebagai ajang promosi film animasi “Cloudy with a Chance of Meatballs”.

Mitnitsky mengaku bangga berhasil membawa rekor bakso raksasa tersebut ke pantai timur Amerika. Dia mengklaim bahwa bakso khas Amerika itu memang berasal dari wilayah pantai tersebut. “Anda mengenal saya.Saya akan mengambil sesuatu yang kecil (bakso) dan lihat apa yang saya lakukan untuk membuatnya besar. Dengan rekor tersebut, saya ingin agar setiap keluarga sering mengonsumsi bakso,”papar Mitnitsky. Memang belum ada kepastian mengenai asal-muasal bakso. Namun, buku resep masak Romawi, Apicius, juga menyebut bakso dengan berbagai tipe dan resep.

Dari Negeri Balkan hingga India pun mengenal bakso sebagai makanan tradisional mereka, termasuk di Indonesia. Kalau di Amerika, bakso biasanya disajikan dengan spageti. Di Amerika,dalam pembuatannya, bakso biasanya berukuran lebih besar daripada bakso ala Italia.Di Italia, bakso biasanya disajikan bukan saja dengan pasta namun dimakan bersama beberapa orang di satu piring yang sama. (Telegraph/BBC/andika hm)
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/281339/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia