Israel Abaikan PBB dan AS

YERUSALEM(SI) – Israel kemarin mengabaikan kritikan tajam atas pembangunan 900 rumah baru di Yerusalem timur.Dunia mengecam rencana pembangunan permukiman baru itu.

Menteri Dalam Negeri Israel Eli Yishai membela bahwa keputusan departemennya untuk menyetujui pembangunan 900 rumah di Gilo, Yerusalem Timur itu sebagai bagian integral ibu kota. Padahal, rakyat Palestina ingin wilayah itu sebagai ibu kota negara mereka. ”Pembangunan pemukiman di Yerusalem tidak bisa dihentikan, Gilo itu terletak di Yerusalem,” katanya. Gilo merupakan salah satu dari puluhan pemukiman yahudi di bagian timur Kota Suci Yerusalem yang diambil alih Israel namun tidak mendapatkan pengakuan internasional.

Pemukiman di wilayah pendudukan dianggap ilegal berdasarkan hukum internasional. ”Jerusalem adalah ibu kota Israel dan masih tetap ibu kota,” kata Mark Regev,juru bicara PM Israel. Tak ayal,Amerika Serikat dan PBB mengecam Israel yang menyetujui penambahan 900 unit rumah di pemukiman Yahudi itu. Gedung Putih juga menuding Israel merusak upaya Obama guna melanjutkan pembicaraan perdamaian dengan Palestina yang mengalami kebuntuan sejak Desember. Presiden AS Barack Obama langsung menekan Israel agar menghentikan proyek permukimannya.

Menurut Obama, pem-bangunan permukiman akan menyebabkan situasi berbahaya dengan Palestina. ”Saya rasa pembangunan permukiman tambahan justru tidak akan baik bagi keamanan Israel. Saya rasa ini hanya akan mempersulit mereka berdamai dengan tetangga mereka,” ujar Obama kepada Fox News sebagaimana dikutip Reuters. ”Saya rasa ini justru akan membuat jengkel Palestina dan bisa menyebabkan situasi yang sangat berbahaya.” Sedangkan Sekjen PBB Ban Kimoon mengatakan langkah itu akan menghambat perundingan Israel-Palestina.

Ban mengungkapkan bahwa tindakan semacam itu merusak upaya bagi perdamaian dan mencuatkan keraguan mengenai kelangsungan hidup tentang penyelesaian dua negara bagi Israel dan Palestina. Hal senada juga diungkapkan Prancis. ”Keputusan Israel itu membuat kita kecewa,”papar Menteri Luar Negeri Prancis Bernard Kouchner sebelum bertemu dengan PM Israel Benjamin Netanyahu. Dari dunia Islam, Saudi Arabia juga menyuarakan protes keras. Juru Bicara Departemen Luar Negeri Saudi Arabia Osama Nugali mengungkapkan, langkah Israel itu merupakan tantangan besar dalam merumuskan proses perdamaian.

Dari pihak Palestina, Presiden Mahmud Abbas mengungkapkan bahwa tindakan Israel merusak kesempatan terakhir bagi proses perdamaian. Abbas telah mengatakan pembicaraan perdamaian yang macet sejak Desember mungkin hanya dapat dilanjutkan segera setelah Israel membekukan pembangunan permukiman. ”Langkah Israel itu menjadikan pihak Palestina tidak memiliki pilihan tetapi tetap akan mencari pengakuan internasional terhadap negara Palestina,” katanya setelah berundin dengan Presiden Mesir Hosni Mubarak.

”Kita merasa berada pada posisi yang sulit. Apa solusi bagi kita? Tetap sepeti ini tidak ada ada perdamaian? Dan itulah kenapa saya mengambil langkah ini,”imbuhnya. Kepala juru runding Palestina Saeb Erakat menyatakan pemerintah Palestina sangat mengutuk aksi itu.”Pembangunan pemukiman harus dihentikan. Ini merupakan salah satu cara kita kembali ke proses perdamaian yang sebenarnya,” paparnya. Israel menguasai Yerusalem timur ketika Perang Enam Hari 1967 dan pengakuan itu tidak mendapatkan dukungan internasional.

Pencaplokan Yerusalem timur karena Israel menganggap bahwa itu merupakan bagian dari Kota Suci yang ibukota ”abadi,tak dapat dibagi”. Jumlah orang yang tinggal di pemukiman Gilo telah mencapai 40.000 orang Israel.Israel menolak gambaran internasional mengenai Gilo sebagai permukiman, dan menyatakan itu adalah ”lingkungan Jerusalem”, kota yang diklaimnya sebagai ibu kotanya. Secara keseluruhan sebanyak 500.000 orang Yahudi tinggal di Tepi Barat dan Jerusalem timurdi antara 2,7 juta orang Palestina.

”Membangun ibukota kita merupakan hal yang saha,” papar Tzipi Hotovely, anggota parlemen dari partai sayap kanan, Likud. ”Kita harus mempertahankannya,” imbuhnya. (AFP/Rtr/andika hm)
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/285106/

Komentar

Anonim mengatakan…
給我肉棒.1111非常好色6 0下載.給我棒棒.1111免費線上Aa片試看,sexy,視訊.免費影片觀賞,sex女優王國.陳冠希最新自拍外流.1111這次換你當國王-視訊.104廖家儀自拍外流.1111我姊是惡魔.1111川藏第一美女視訊.104自拍 部落格 遊戲區.百人斬視訊妹真人真事.正妹百人斬飯島愛.情慾av383日本視訊.姊妹們的性愛教學.情色視訊,貓貓論壇.天空部落格正妹.天馬成人聊天室.無碼av女優做愛成人.熊貓成人貼,無碼a片.甜心寶貝直播貼片.聊天室環球辣妹聊天室 90691.383無碼 王國 av影片.1111免費成人電影.1111性愛影片sogo論壇.1111成人小說,sex383.1111免費電影,sex女優王國.1111護士免費 aa片天堂.1111av女優天堂.1111av女優報報.1111免費a片短片av.hilive,蔡依林性感影片.日本av女優,情色女帝.出包女王.免費色情小說,無碼女優.免費線上 a 電影直播,av383,av博物館.免費a長片.網路援交.免費a片網彩虹.人妻的秘密結局.3600視訊聊天.sm聊天室.八國聯軍成人成人短片.色美媚部落格免費.短篇網路愛情小說故事.內衣模特兒寫真.台灣kiss情色文學.黑澀會美眉 mv.性愛日記.g點無碼a片.女人性感帶.隋棠性感照.免費a片觀看,jp成人.嘿咻,限制級,性愛電影,性感睡衣.視訊辣妹,網路援交.台北援交,情色,hilive.ggyy線上漫畫,成人圖片區.一葉晴貼圖,黑澀會美眉琳恩.性愛教學.性感沙灘3,性感照片.主播情人視訊,豆豆出租情人視訊.兼職援交,性感辣妹,新浪視訊

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia