Tidak Menikmati,tapi Tetap Rela Berkorban dan Bekerja

Siapa bilang semua orang menikmati pekerjaannya? Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi tidak menikmati pekerjaannya,tapi tetap menjalaninya dan mau berkorban dengan penuh ikhlas.

PEMIMPINItalia berusia 73 tahun itu mengaku bahwa dirinya sebenarnya sama sekali tidak suka memerintah. Tapi, dia tetap mempertahankan pekerjaannya itu karena dia dianggap sebagai ”satu-satunya pemimpin yang mampu merangkul sayap kanan-tengah jadi satu.” Bagi Berlusconi,tidak ada yang mudah dalam tugasnya sebagai perdana menteri.

”Saya melakukan apa yang saya lakukan dengan rasa pengorbanan.Saya sejujurnya tidak menyukainya. Sama sekali tidak,”ujarnya. ”Sering kali banyak kesepakatan kotor, memang ada tekanan berat, lebih dari itu, memalukan dan memuakkan. Sungguh hidup yang sulit untuk bertanggung jawab memimpin pemerintahan di negara seperti Italia.” Dalam wawancaranya dengan CNN, Berlusconi juga membahas beberapa pernyataan kontroversialnya, termasuk menyebut Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama ”bersamak.”

Dia membantah komentar itu adalah keseleo lidah. ”Saya tidak pernah keseleo lidah, bahkan hanya sekali. Tiap keseleo lidah itu dibuat koran.” Dia mengaku selalu berpikir sebelum bicara. ”Saya bercerita dan bergurau,”katanya.”Saya hanya mengeluarkan lelucon yang bisa didengar semua orang.

Saya selalu sadar dengan apa yang saya bicarakan.” Berlusconi mengatakan, tingkah anehnya,seperti ketika dia meninggalkanKanselirJerman Ange-la Merkel di tepi Sungai Rhine sementara dia menelepon dibuat koran. Berlusconi menjelaskan,saat itu dia sedang menelepon Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdo-gan.

Setelah itu,Merkel–yang dia sebut bahagia–bertanya apakah telepon itu sukses atau tidak. Dilainwaktu,diamembuatkesal Ratu Inggris Elizabeth II saat sedang foto bersama di Istana Buckingham ketika dia meneriaki ”Obama,Obama! Saya Berlusconi.”Teriakan itu membuat ratu menaikkan tangan dan mengeluh.”Kenapa dia harus berteriak?” ujar Ratu. Namun, menurut Berlusconi, Ratu telah membelanya.

Miliuner media itu juga menyalahkan media Italia sebagai alasan mengapa istri keduanya dan ibu tiga dari lima anaknya,Veronica Lario, menggugat cerai. Dia menyebut Veronica percaya apa yang ditulis di koran. Veronica menyebut kehadiran Berlusconi dalam pesta ulang tahun model berusia 18 tahun asal Naples, Noemi Letizia, sebagaimana dilaporkan media Italia, sebagai alasan gugatan cerainya.

Berlusconi mengatakan, hubungannya dengan wanita muda dan keluarganya itu adalah hubungan yang punya hak privasi. Menurut dia, koran menuduhnya berdusta atas pernyataannya tentang itu. ”Saya akan bereaksi dan akan menjelaskan situasinya. Seluruh rakyat Italia mendukung saya dan tuduhan itu akan menjadi bumerang bagi mereka yang membuatnya,” ungkapnya.

Skandal itu sedikit mencederai citra politik Berlusconi di Italia. Jajak pendapat memperlihatkan, popularitasnya turun sedikit, terutama di antara wanita,sejak skandal itu mencuat musim panas lalu. ”Saat saya keliling-keliling, saya malu melihat kasih sayang yang dicurahkan pada saya.

Saya tahu,orang bisa berubah pandangan, tapi saya harus katakan bahwa saya perhatikan kenyataan bahwa saya dekat dengan hati banyak rakyat Italia dan mereka sangat sering memperlihatkannya pada saya,” ujar Berlusconi. Berlusconi, yang juga penulis lagu,taipan real estatedan asuransi, serta pemilik tim sepak bola AC Milan,mengaku selalu disukai mereka yang bekerja dengannya.

”Saya disukai dan dicintai semua orang di politik,”akunya. Berlusconi, mantan penyanyi kapal pesiar sebelum membalikkan tangan ke media,masuk dunia politik pada 1994 dengan tujuan memerangi meningkatnya kekuasaan sayap kiri dan ideologi komunis di Italia. Lantas, apakah kunci keberhasilan Berlusconi? Saat ini, dia adalah perdana menteri yang paling lama menjabat.

”Semua orang tahu bahwa saya punya rasa kesetiakawanan, saya loyal, saya selalu mengungkapkan apa yang saya pikirkan–saya tidak pernah punya pikiran yang saya sembunyikan, saya tidak sembunyikan apa saja. Saya bicara blak-blakan,”ujarnya.

Dia juga menunjuk sukses itu dia dapat dari kerja keras, praktik tidak meninggalkan semuanya tidak selesai. ”Bidiklah sepuluh, kalau Anda mau mendapatkan delapan,”paparnya. (CNN/andika hendra m)
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/278672/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia