Tak Malu Melanjutkan Dinasti Bisnis Keluarga

Enrique Razon Jr menjadi orang terkaya yang paling muda dalam deretan daftar orang terkaya Filipina versi Forbes.Pengusaha yang berumur 49 tahun tersebut meneruskan dinasti bisnis keluarga Razon.

ENRIQUE Razon Jr saat ini menggeluti bisnis operator pelabuhan. Dia beserta perusahaannya telah menguasai beberapa pelabuhan di beberapa negara antara lain di China dan Ekuador.Total pelabuhan yang dia kuasai 10 pelabuhan di 10 negara,mulai dari Manila,Subic, Batangas, General Santos (Filipina), Polandia,hingga Brasil. Selain bergerak di bisnis operator pelabuhan, dia juga merambah ke sektor properti dan sektor perbankan.

Di sektor properti, saat ini ia menjabat sebagai Direktur dari Asia Star Freight Services dan Sureste Properties, Inc. Sedangkan pada sektor perbankan saat ini ia menjabat sebagai Chairman International Exchange Bank dan CLSA Exchange Capital.Dengan banyaknya sektor bisnis yang dikuasai, tidak heran jika Forbes menempatkan dirinya pada urutan ke-8 orang terkaya di Filipina dengan total kekayaan mencapai USD525 juta atau senilai Rp 4,725 triliun.

Selain sibuk pada bisnisnya, saat ini dia juga menjabat sebagai ketua perkumpulan pengusaha asal Filipina yang menetap di AS.Di dalam organisasi tersebut dia telah menjabat sejak 2003. Dengan keberhasilan dan sikapnya yang rendah hati, tahun depan dia direncanakan akan menjadi salah satu kandidat dari Ketua Kamar Dagang Filipina. Nama Enrique Razon sebenarnya sudah tidak asing bagi masyarakat Filipina, mengingat ayahnya, Enrique M Razon Sr, merupakan salah satu pengusaha properti terkemuka di Filipina.

Salah satu sumbangsih yang telah dia berikan kepada negaranya yaitu Brother Athanasius Sports Complex. Meskipun,ayahnya merupakan orang ternama di Filipina,Razon Jr mengaku tak malu melanjutkan dinasti ayahnya. “Melanjutkan trah bisnis merupakan kewajiban utama saya,”katanya.

Walau begitu, Razon Jr mengaku tidak sekadar menerima apa adanya. Dalam menjalankan bisnis, dia menggunakan sistem ekspansi dan pembaruan. Ekspansi dalam arti melebarkan sayap ke berbagai bidang.Adapun pembaruan, dalam pandangan Razon Jr adalah perbaikan manajemen, sehingga sebuah tim menjadi solid. Dalam bidang sosial, Razon Jr juga membangun kompleks olahraga bertaraf internasional seluas 3.155 m2.

fasilitas ini dibangun di Manila pada 1995.Namun setelah ayahnya wafat,demi menghormatinya, maka kompleks olahraga tersebut diganti namanya menjadi Enrique M Razon Sports Center pada 2003. Dalam pandangan pengusaha ternama Filipina, Jose “Joey” de Venecia III, Razon Jr merupakan pengusaha yang memiliki kekuatan bukan hanya dalam hal kekayaan, tapi juga dekat dengan kekuasaan.

Tak bisa dimungkiri, bagi Razon pun pengusaha yang memiliki kedekatan dengan kekuasaan akan semakin kuat.“Dia (Razon Jr) dekat dengan Presiden Filipina Gloria Macapagal Arroyo,” kata Jose kepada Inquirer. (andika hendra m)
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/271844/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia