Anwar Yakin Oposisi Bertahan

KUALA LUMPUR(SI) – Pemimpin oposisi Malaysia Anwar Ibrahim,yang menghadapi tuduhan sodomi, mengatakan aliansinya akan tetap bertahan meskipun dirinya akan didakwa dan dijebloskan ke penjara.

Anwar tetap membantah dakwaan bahwa dia terlibat dalam kejahatan sodomi seperti yang dilaporkan mantan pembantunya yang berusia 23 tahun,Saiful Bukhari Azlan. Dia menilai tuduhan itu merupakan konspirasi untuk menggelincirkan rencananya menggulingkan pemerintahan.

Anwar sebelumnya dinyatakan bersalah pada tuduhan sodomi dan korupsi satu dekade silam yang ka-susnya dinilai bermotivasi politik., Tuduhan sodomi itu telah dibatalkan pada 2004, dan Anwar pun menghirup udara bebas setelah enam tahun hidup di penjara. ”Tidak ada pertanyaan Pakatan Rakyat (aliansi oposisi) akan berlanjut dan bertahan.

Oposisi akan membela kepentingan dan hak-hak rakyat serta tantangan pemerintah meraih kekuatan dari dakwaan yang dilayangkan terhadap saya,” ujar Anwar. ”Faktanya, saya kira tuduhan terhadap saya akan membuat marah rakyat banyak.” ”Saya siap untuk apa pun yang terjadi dan siap menghadapi serangan.

Lebih baik mempersiapkan daripada tidak sama sekali,” tandasnya. Pernyataan Anwar itu disampaikan di depan 2.000 pendukungnya. Acara itu merupakan dukungan untuk memberikan solidaritas terhadap Anwar.Anwar menegaskan, meskipun Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) terus menekan, kubu oposisi tetap bersatu dan solid.

Anwar akan menjalani persidangan atas kasus sodomi pada Rabu (8/7). Anwar mengaku siap dipenjara karena tak yakin akan mendapat pengadilan yang adil. ”Skenario terburuk bagi saya pribadi akan menguntungkan oposisi dan akan menjadi skenario terburuk bagi pemerintah dalam pemilihan mendatang tahun 2013,” ujarnya.

”Peluang saya jika mendapatkan pengadilan yang adil dan bebas adalah 100%.Tapi di bawah situasi saat ini, peluangnya menurun cepat,”tutur Anwar, seperti dilansir harian Straits Times.”Tak ada yang senang masuk penjara, tapi saya akan melakukannya jika memang terpaksa dan berharap keluar seperti pahlawan.”

Menurut Anwar, hasil laporan medis sebuah rumah sakit pemerintah terhadap Saiful menunjukkan tak ada bukti adanya penetrasi anal.Anwar mengklaim tim pembelanya punya bukti bahwa dirinya difitnah. Bahkan, Saiful diyakini telah disuap oleh pemerintah.

Dilaporkan Malaysia Kini, Menteri Besar Selangor Tan Sri Abdul Khalid Ibrahim –pemimpin DAP Lim Kit Siang– dan Presiden PAS Datuk Seri Abdul Hadi Awang juga turut hadir memberikan dukungan bagi Anwar. Lim Kit Siang mengkritik 100 hari pemerintahan Perdana Menteri baru Malaysia Najib Razak yang dinilai gagal memberikan harapan baru kepada rakyat.

”Hari ini (kemarin malam) 88 hari Najib jadi Perdana Menteri. Bagi orang Cina,(88) ini angka yang baik.Tetapi setelah 88 hari,adakah zaman baru, apakah harapan baru yang diberikan oleh Najib?,” kata Lim. ”Malaysia yang digaungkan sepatutnya menjadikan Malaysia negara yang lebih maju,” katanya sambil memperlihatkan gagasan itu sebagai ”simbol yang retak”dan hanya diisi dengan ”nyanyian dan tarian”.

Menurut Abdul Hadi, koalisi oposisi masih solid sejak berhadapan dengan Barisan Nasional. Bagaimanapun, media pro- BN senantiasa membesar-besarkan di antara partai oposisi.Padahal, perbedaan itu hanya pendapat yang kecil. ”Malam ini dengan kehadiran ramai pemimpin-pemimpin pusat, membuktikan persatuan di antara kita.

Walaupun kadang-kadang kita berbeda pendapat, tetapi bisa bersatu kembali dalam masa 20 menit,” ujarnya. Hadi menyindir UMNO yang telah berusia 20 tahun, tetapi perbedaan di dalamnya tidak pernah selesai. (AFP/MK/The Strait Times/andika hm)
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/251661/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia