Terjun setelah Memerintahkan Pengawalnya Menjauh

Misteri bunuh diri mantan Presiden Korea Selatan (Korsel) Roh Moo-hyun yang terjun dari atas bukit sedikit demi sedikit mulai terkuak.Roh tampaknya menunggu waktu ketika tidak ada lagi orang di sekitarnya.

ROH bepergian ke bukit tempat dia mengakhiri hidupnya bukan tanpa teman.Dia tetap didampingi pengawalnya saat berjalan-jalan. Itu rupanya tidak menghalangi niatnya untuk mengakhiri hidup. Mantan presiden Korsel itu meminta pengawalnya untuk menjauhinya.

Tidak ada alasan yang diungkapkan Roh saat itu. Begitu para pengawalnya pergi, Roh pun yakin, tak seorang pun yang bisa menghalangi niatnya.Dia lalu terjun bebas dari atas bukit dan menemui ajalnya. Menurut Lee Woon-wu, komisioner polisi Provinsi Gyeongsangnam, Roh melompat dari sebuah bukit yang dikenal bernama Owl Rock pada Sabtu (23/5) setelah memerintahkan pengawalnya pergi ke sebuah kuil. Dia pun meninggalkan catatan bunuh diri di file komputernya.

Mantan pemimpin liberal itu pernah dimintai keterangan oleh para penyidik pada 30 April lalu mengenai dugaan korupsi senilai USD6 juta yang diterima anggota keluarganya dari seorang konglomerat. Penyidikan tersebut menodainya sebagai pejuang antikorupsi. Meski pada masa akhir kepemimpinannya, 2008, popularitas Roh sempat menurun, kematiannya tetap memicu gelombang dukacita nasional. Beberapa pendukung Roh pun menuding pemerintahan saat ini mencampuri urusan penyidikan kasus korupsi yang menimpanya.

Lebih dari 700.000 orang telah berkunjung ke tempat penyemayaman jasad Roh sejak Sabtu lalu. TigamantanpenasihatRohyangterlibat tuduhan suap juga kemarin turut hadir dalam upacara penghormatan. Mereka dibebaskan untuk sementara waktu untuk memberikan penghormatan terakhir. Para pengusaha Korsel, seperti komisaris Hyundai Motors, Chung Moong-koo; dan wakil komisaris Samsung Electronics, Lee Yoonwoo, juga turut memberikan penghormatan.

Sementara upacara pemakaman Roh akan diselenggarakan besok di Istana Gyeongbok di Seoul. Dengan pemindahan itu untuk mengantisipasi puluhan ribu pelayat yang diperkirakan akan menyampaikan duka cita. Han Myung-sook, mantan perdana menteri di masa kepemimpinan Roh yang mewakili keluarga almarhum,mengatakan,jasad Roh akan dikremasi selepas upacara pemakaman di Istana Gyeongbok tersebut dan abunya akan dikubur di dekat rumah peristirahatan Roh. Sebelumnya, upacara pemakaman dijadwalkan akan diadakan di Bongha,tetapi keluarga Roh meminta tempat dipindah untuk mengakomodasi pelayat yang membeludak.

Walau masih dalam suasana duka, petugas kepolisian ikut mengamankan situasi untuk mencegah aksi protes terhadap pengganti Roh yang konservatif. Sementara itu,di suatu tempat di luar Istana Deoksu,orang-orang menunduk di depan altar dan meletakkan bunga krisan putih di depan foto Roh yang sedang tersenyum. Ratusan pita kuning hitam berisi pesan duka cita berada di dinding. (AFP/Rtr/andika hm)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia