Suu Kyi Siap Membela Diri

YANGON(SI) – Pemimpin prodemokrasi Myanmar Aung San Suu Kyi siap membela diri dalam persidangan yang akan dimulai hari ini. Pernyataan itu ditegaskan langsung oleh Suu Kyi kepada dokter dan pengacaranya.

Juru bicara Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) Nyan Win mengatakan,Suu Kyi mendiskusikan permasalahan itu setelah pengacara Kyi Win mengunjunginya di penjara Insein dekatYangon. Proses pengadilan hari ini sepertinya akan digelar di dalam penjara. ”Mereka mendiskusikan tentang dakwaan, dan Aung San Suu Kyi mengatakan tidak terlibat dalam tuduhan kejahatan tersebut. Dia siap membela diri di pengadilan dan mengatakan kebenaran,” ungkap Nyan Win.

Dalam pertemuan itu, Suu Kyi menyatakan dalam kondisi sehat untuk membela diri terhadap tuntutan baru yang memicu kecaman terhadap junta militer Burma dari dunia internasional.Menurut Kyi Win,kesehatan Suu Kyi sempat menurun karena dehidrasi dan tekanan darahnya turun. ”Ia (Suu Kyi) meminta saya untuk mengatakan pada temantemannya bahwa dirinya sudah sehat.Dia siap membeberkan yang sebenarnya bahwa ia tidak pernah melanggar hukum,”papar Kyi Win.

Suu Kyi dituduh melanggar persyaratan tahanan rumah yang telah dijalani selama hampir enam tahun ketika seorang warga Amerika Serikat (AS) bernama John Yettaw secara diam-diam memasuki rumah Suu Kyi di Rangon di bulan ini.Dia menghadapi hukuman lima tahun penjara jika terbukti bersalah di pengadilan. Sebenarnya, John Yettaw pertama kali berusaha berenang ke rumah Suu Kyi pada 30 November tahun lalu. Dia mencoba lagi menyusup ke rumah Suu Kyi pada Minggu (3/5). ”Kali ini, Suu Kyi mengizinkannya tinggal di rumahnya hingga malam 5 Mei 2009.

Dia berbincang dengan Yettaw dan menyediakan makanan serta minuman padanya,” demikian laporan polisi. Menurut Kyi Win,Suu Kyi telah meminta Yettaw untuk meninggalkan rumahnya, tapi pria tersebut menolak. Suu Kyi tidak melaporkan pria itu pada polisi karena dia tidak ingin Yettaw berurusan dengan polisi Myanmar. Hanya, belum ada kejelasan motif apa yang melatarbelakangi keinginan Yettaw bertemu dengan Suu Kyi.

Banyak pihak menilai tuntutan tersebut merupakan langkah untuk menjegal Suu Kyi menjelang Pemilihan Umum 2010. Masa tahanan rumah Suu Kyi dijadwalkan selesai pada Rabu (27/5). ”Saya pikir junta memanfaatkan insiden kali ini.Mereka tidak ingin membebaskan Suu Kyi,” ungkap politisi yang tidak mau menyebutkan nama. Kemarin junta militer Myanmar membebaskan seorang dokter yang biasa merawat Aung San Suu Kyi (63),Tin Myo Win,setelah hampir dua pekan ditahan pemerintah. Myo Win dituduh terlibat dalam upaya pelolosan diri Yettaw.

Myo Win ditahan pada Kamis (7/5) saat berusaha melakukan perawatan medis kepada Suu Kyi,menyusul kunjungan aneh warga Amerika itu,yang pertama kalinya terjadi sejak pemimpin oposisi tersebut dikenai tahanan rumah. ”Dia telah dibebaskan dari tahanan pada Sabtu (16/5) pukul 19:00 waktu setempat. Menurut Win, kondisi kesehatannya baik,” kata salah seorang anggota keluarga Tin Myo Win, yang minta tak disebut namanya.

Pembebasannya dilakukan beberapa hari setelah Pemerintah AS minta penguasa militer Myanmar untuk membebaskan Tin Myo Win agar bisa merawat Suu Kyi kembali. Kesehatan Suu Kyi dikabarkan memburuk. Pemenang penghargaan Nobel Perdamaian itu mendapat cairan infus di rumahnya, Jumat (15/5), oleh asisten medis Tin Myo Win. Suu Kyi tidak bisa makan,menderita tekanan darah rendah,serta dehidrasi.

Juru bicara NLD membenarkan pembebasan dokter itu.”Saya juga mendengar tentang pembebasannya, namun saya belum melakukan kontak dengannya,” ujar Nyan Win. NLD yang dipimpin Suu Kyi memenangkan Pemilihan Umum 1990 dengan suara mayoritas.Akan tetapi, hasil pemilihan umum tersebut dianulir junta militer yang telah berkuasa di Burma sejak 1962. (AFP/Rtr/andika hm)
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/239143/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia