Pejabat Era Bush Justru Menyerang Balik Cheney

WASHINGTON (SI) – Dua pejabat pada era mantan Presiden Amerika Serikat (AS) George W Bush membantah kritikan mantan Wakil Presiden Dick Cheney yang menganggap bahwa keamanan nasional AS dalam kondisi bahaya.

Dua pejabat itu adalah Menteri Pertahanan Robert Gates dan mantan Kepala Keamanan Dalam Negeri AS Tom Ridge. Perdebatan itu masih berkisar tentang penutupan penjara Guantanamo. Gates mengungkapkan,penjara Guantanamo memang telah merusak pencitraan Amerika. ”Sebenarnya, Guantanamo memang menjadi penjara terbaik di dunia saat ini, tapi itu telah ternoda,” paparnya pada program ”Today”di stasiun televisi NBC.

Gates menuturkan, nama Guantanamo itu sebuah hukuman.”Seperti apa yang presiden katakan, jika penjara itu dibuka selamanya, berarti sama saja seperti iklan bagi Al Qaeda,” papar Menteri Pertahanan di era Bush dan Obama ini yang juga mengkritik beberapa anggota Kongres AS yang mencoba menghalangi upaya pemindahan para tahanan Guantanamo ke AS.

Sementara dalam sebuah wawancara dengan CNN, ”State of Union,” Ridhe mengungkapkan tidak mendukung tuduhan Cheney yang menyepelekan kondisi keamanan nasional AS.Ketika ditanya apakah dia percaya bahwa AS tidak aman karena kebijakan Obama,Ridge menjawab,”tidak.” Ridge juga mengaku kecewa dengan Cheney dan Obama dalam membahas isu keamanan.

”Saya tidak setuju dengan Dick Cheney,tapi saya juga tidak setuju dengan perdebatan yang kedua orang tersebut,”paparnya. Ridge juga mengaku tidak suka dengan serangan Obama terhadap kebijakan Bush yang dilandasi atas ketakutan dan ideologi.

Dia menambahkan, setiap pejabat tinggi menganggap keamanan rakyat AS berada di hati.”Dia (Obama) melihat ke belakang untuk membenarnya apa yang dilakukannya sekarang,”paparnya.”Saya pikir pendekatan yang diperlukan adalah bagaimana kita membawa rakyat ini bersatu dan ini isu yang terpenting,”imbuh Ridge. (AFP/Rtr/andika hm)
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/240898/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia