Abhisit Tolak Rombak Kabinetnya

BANGKOK(SINDO) – Perdana Menteri (PM) Thailand Abhisit Vejjajiva kemarin menolak tekanan oposisi untuk merombak kabinet. Pernyataan itu sebagai bentuk kepercayaan diri setelah berhasil menangkis upaya mosi tidak percaya oleh oposisi di parlemen.


Abhisit memenangi pemilihan mosi tidak percaya dengan perolehan 246–176.Menteri- menteri lain juga mendapatkan dukungan yang sama. Salah satu menteri kabinet Abhisit yang mendapatkan sorotan tajam adalah Menteri Luar Negeri Thailand Kasit Piromya yang dituding memiliki hubungan dengan Aliansi Rakyat untuk Demokrasi (PAD).Kasit mendapatkan dukungan tipis hanya 237–184.

“Perolehan 246 telah saya perkirakan karena kami mengetahui anggota parlemen memilih dengan bebas.Keputusan merombak kabinet harus berdasarkan hasil kerja. Tak ada perombakan menteri- menteri pada kabinet saya,” kata Abhisit pada pidato di stasiun televisi. Sebelumnya,Abhisit tetap percaya diri sebelum debat mosi tidak percaya digelar. PM Abhisit mengungkapkan, dia percaya mampu menghadapi semua tuduhan yang dilayangkan anggota parlemen kubu oposisi.

“Saya telah menjawab semua tudingan mereka, termasuk yang terkait dengan hubungan personal dengan saya.Semua proses debat berjalan dengan baik, sesuai dengan harapan,” kata Abhisit. Anggota oposisi menuding Partai Demokrat menerima dana jutaan dolar yang diperoleh secara ilegal dan mendistribusikannya secara tidak sah.Mereka juga menuding Abhisit menghindari wajib militer yang ditetapkan pemerintah.

Menurut juru bicara oposisi Partai Puea Thai Prompong Nopparit,mereka senang dengan usaha yang telah dilakukan kubu oposisi dalam debat melawan pemerintah.Dia menambahkan, oposisi akan terus menekan pemerintah hingga Kasit mengundurkan diri. “Kasit seharusnya melihat diri sendiri karena beberapa anggota parlemen dari kubu pemerintah tidak mendukungnya. Jika insiden seperti ini terjadi di negara demokratis, menteri itu akan mengundurkan diri,” ujar Prompong. (AFP/BP/andika hm)
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/223190/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia