MEG WHITMAN, Janji Terapkan Gaya CEO dalam Memimpin

Meg Whitman tertarik ikut perebutan kursi Gubernur California. Modalnya tidak mainmain, pengalaman jadi CEO dan harta melimpah.

ARNOLD Schwarzenegger,Gubernur California saat ini,akan mengakhiri masa jabatannya pada 2010 dan kemungkinan tidak akan maju lagi.Mantan aktor ini memilih pensiun dari panggung politik.

Bermodal mesin Partai Republik dan pengalaman memimpin perusahaan besar, Whitman sangat optimistis bisa menjadi Gubernur California. Mantan CEO situs lelang online terbesar di dunia, eBay, ini juga memosisikan diri sebagai orang yang mengetahui solusi atas keadaan ekonomi California yang sedang dirundung krisis ekonomi berkepanjangan.

Dengan majunya perempuan berusia 52 itu, ada alternatif figur baru dalam politik terkait dengan pentingnya perubahan di California. ”Saya akan terus mendengarkan aspirasi dari bawah, memahami kebijakan alternatif, menjalin kerja sama agar negara bagian ini lebih maju.Jelas,ini sesuatu yang berbeda dibandingkan eBay,”ungkapnya seperti dikutip The New York Times.

Whitman telah mengumumkan tim kampanyenya pada 9 Februari lalu.Dia juga mengaku tertarik terjun ke dunia politik karena kecintaannya kepada California. Selain itu dia dan melihat adanya kecenderungan penurunan dalam bidang politik,ekonomi,dan sosial di negara bagian itu.

”Saya tahu bahaya permainan politik,”paparnya. Tim Whitman memprediksi kampanyenya akan menghabiskan USD150 juta. Tapi Whitman tidak mengandalkan dana talangan dan donasi untuk mengumpulkan uang. Dia akan menggunakan kekayaannya untuk membiayai kampanye politik itu.

Pastilah itu karena majalah Forbes mencatat kekayaan Whitman mencapai USD1,4 miliar (lebih Rp14 triliun). Walaupun diterpa sentimen negatif yang mengarah padanya karena diragukan tidak memiliki pengalaman politik,Whitman tetap percaya diri. Dia mengaku pernah menjadi penasihat kampanye presiden 2008 bagi Mitt Romney.Kemudian, dia mengalihkan dukungan kepada Senator Arizona John McCain sebagai pesaing Presiden AS Barack Obama.

Mc- Cain pun pernah menjanjikan jabatan menteri keuangan kepada Whitman jika menang pada Pemilu 2008 lalu. ”Saya tidak berpikir bahwa Anda akan bergabung dengan permainan ini kecuali Anda memiliki ‘kulit’ yang sangat tebal dan mampu memenanginya,” paparnya.

”Permainan (politik) itu seperti bisnis pada umumnya. Jika Anda memiliki keinginan, saya akan menyiapkan diri sebagai orang yang Anda inginkan,”imbuh Whitman. Apa saja program yang ditawarkan Whitman? Sebagai feminis sejati, dia mendukung hak-hak aborsi bagi perempuan. Dia juga bakal menyediakan anggaran khusus dari pemerintah bagi perempuan yang secara legal akan menggugurkan kandungan.

”Aborsi merupakan hak perempuan,”ungkapnya. Untuk menekan angka kejahatan, dia berencana membatasi pembelian dan penggunaan senjata oleh masyarakat California. Dalam hal perbatasan wilayah, Whitman mengaku akan mengurangi bantuan kesehatan dan dana sosial bagi para imigran ilegal.

Sementara perlindungan anak-anak di negara bagiannya juga menjadi prioritas. Pastinya,Whitman bakal memosisikan diri berbeda dengan Gubernur Arnold Schwarzenegger dalam hal kebijakan dan gaya kepemimpinan. ”Latar belakang saya berbeda dengan Gubernur Schwarzenegger,” ungkapnya.

”Saya memiliki kemampuan manajemen, sedangkan Schwarzenegger tidak memilikinya,” imbuhnya terang-terangan. Dia juga tidak akan meniru CEO Nortwest Airlines Al Checchi yang dinilai gagal ketika menjabat sebagai gubernur.” Saya pernah mengelola sebuah situs yang dikunjungi 246 juta pengguna. Sebuah bisnis besar dan menguntungkan. Tentu, itu industri yang menciptakan ribuan lapangan pekerjaan,” imbuhnya.

Dalam kebijakan ekonomi, Whitman berjanji akan merealisasi 2 juta pekerjaan bagi warga California sampai 2015. Dia juga menolak proposal untuk menaikkan pajak rakyatnya.Hanya saja,dia akan memotong beberapa anggaran yang tidak penting.

”Dalam dunia nyata,pengusaha dapat memotong pengeluaran yang tidak penting sehingga perusahaan tetap sehat. Keluarga dapat memotong anggaran belanja. Jika Anda tidak melakukannya, Anda akan menghadapi bencana,” paparnya seperti dikutip San Francisco Chronicle.

Selanjutnya, peningkatan gaji guru dan pemberlakuaninsentifpajakbagiperusahaan energi terbarukan juga menjadi prioritasnya. Sementara itu,Whitman juga harus menjegal rival beratnya sesama anggota Partai Republik, yaitu mantan komisaris teknologi untuk asuransi negara dan pengusaha Tom Campbell. Hanya saja, Whitman dinilai berbagai kalangan lebih layak.

Salah satu kolega Whitman, Jack Pitney, mengatakan bahwa dia datang dari latar belakang bisnis dan ekonomi yang bagus. ”Saya pikir dia dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru,” kata Jack Pitney. Perempuan modis itu dikenal sebagai selebritas pengusaha yang kerap tampil di kover majalah-majalah, baik mode maupun bisnis, di seluruh dunia.

Kehidupan sehari-harinya pun diwarnai dengan kerja berjam-jam, kerja keras,dan popularitas. Whitman yang memiliki nama lengkap Margaret C Whitman adalah presiden dan CEO eBaydari Maret 1998 sampai dengan Maret 2008. Whitman bergabung dengan eBay ketika perusahaan tersebut memiliki 30 karyawan dan beroperasi di AS.Hanya saja, dia memutuskan untuk pensiun dari jabatan CEO eBaypada 22 Januari 2008.

Ketika Whitman memimpin eBay, perhatiannya kepada pelanggan adalah fokus utamanya. Situs eBay selalu diperbarui untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Masukan dan usulan dari pelanggan sangat diperhatikan dalam memperbaiki layanan dan fitur dari eBay. Bahkan, setiap kali ada perbaikan yang dilakukan, semua pelanggan akan dihubungi dan diberi informasi soal adanya perbaikan tersebut.

Mereka juga menjaga hubungan baik dengan pelanggan dan menginformasikan apa pun yang berkaitan dengan produk sehingga mereka menjadi bagian dari perusahaan. Tidak pernah puas atas prestasi yang telah tercapai adalah kunci kesuksesan Whitman.Dia selalu mencari kesempatan memperbaharui dan mengembangkan layanan yang ditawarkan kepada pelanggannya.

Bahkan, fitur layanan dapat berkembang sampai mencapai lebih dari 60 fitur layanan. Dengan kemenangan produk,Whitman juga mampu menggenjot keuntungan perusahaan. Selama masa kepemimpinannya, dia bisa mendongkrak pemasukan dari USD6 juta saja ketika dia mulai masuk hingga menembus angka USD8 miliar per tahun lalu. Dengan demikian, Whitman mampu membuat eBay sebagai situs lelang online terbesar di dunia dan memiliki karyawan 15.000 orang.

Sebelumnya, Whitman adalah pemimpin tiga perusahaan besar di Amerika, yaitu Procter and Gamble Co, eBay, dan DreamWorks Animation SKG Inc. Pada 2006, majalah Fortune pun menobatkan Whitman sebagai perempuan berpengaruh di dunia pada peringkat ketiga pada 2006. Sebelumnya,majalah TIMEjuga menominasikannya sebagai perempuan berpengaruh dalam bisnis multimedia.

Perempuan kelahiran 4 Agustus 1956 di Long Island, New York, ini mendapatkan gelar sarjana ekonomi dari Universitas Princeton dan MBA dari Harvard Business School pada 1979.Dia pernah memberikan bantuan senilai USD30 juta bagi almamaternya, Universitas Princetown, untuk membangun asrama mahasiswa. (andika hendra mustaqim)
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/215741/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia