Kabinet Obama Terganjal Senat

WASHINGTON(SINDO) – Kabinet Presiden AS Barack Obama terganjal pembentukannya setelah Senat menunda nominasi Hillary Clinton menjadi Menteri Luar Negeri (Menlu) AS.

Adalah Senator Republik John Cornyn yang membuka kemungkinan akan menunda persetujuan Hillary sebagai MenluAS.Cornyn mempertanyakan donasi dari luar negeri terhadap yayasan milik mantan Presiden Bill Clinton, suami Hillary.

”Senator Cornyn merupakan pendukung kuat transparansi dan telah berjuang mengenai hal tersebut selama dia menjadi anggota Senat. Dia telah menyampaikan semua opsinya,”kata juru bicara Cornyn,Kevin McLaughlin dalam sebuah email kepada Reuters. McLaughlin menegaskan, SenatorCornyntidakbermaksud menghambat dukungan Senat.

Hanya, dia ingin kembali mendebatkan isu dukungan dana tersebut. Cornyn telah mengirimkan sebuah surat kepada Hillary pada Jumat (16/1) mengenai nominasi pencalonan menlu.Isi surat tersebut juga mempertanyakan kembali tentang yayasan yang dipimpin suami Hillary, yang seharusnya menolak semua sumbangan dari sumber asing selama istrinya menjadi menlu.

”Seperti kebanyakan lainnya, saya tetap tidak sepakat bahwa kebijakan luar negeri Amerika dan misi diplomasi Anda akan terbebani oleh aktivitas pencarian dana global Yayasan Clinton. Meskipun telah ada pembatasan dalam penggalian dana dan aturan transparansi telah diterapkan,” ungkap Cornyn.

Menurut dia, bantuan asing tersebut akan menjadi konflik kepentingan.Sayangnya, Cornyn tidak memberikan informasi detail mengenai hal tersebut. Anggota Senat Partai Demokrat berharap bahwa semua menteri kabinet Presiden Obama akan mendapatkan dukungan Senat dalam beberapa jam setelah pelantikan. Dengan adanya ganjalan Cornyn terhadap Hillary, pemimpin tertinggi diplomasi AS bakal tertunda satu atau dua hari mendatang.

Sebenarnya, Komite Hubungan Luar Negeri Senat pada pekan lalu telah mengirimkan surat nominasi dengan voting 16 berbanding 1, yang menyebut bahwa Senator New York layak menjadi menlu. Walaupun Demokrat memiliki 100 anggota Senat, menjadi dukungan kuat bahwa Hillary akan mendapatkan dukungan penuh.

Meski demikian, konfirmasi dukungan Hillary tetap saja akan tertunda sampai Cornyn mengambil keputusan mendukung atau menolak Hillary. Menurut Jim Manley,juru bicara untuk Pemimpin Senat Demokrat Harry Reid, jika pemilihan suara dihalangi akan digelar pemilihan keseluruhan anggota Senat.

”Dipastikan, Hillary akan mendapatkan dukungan kuat saat itu,”tandasnya. Dalam dengar pendapat dengan Komite Hubungan Luar Negeri Senat AS pada pertengahan Januari lalu, Hillary mendapatkan sedikit sandungan dalam hal yayasan yang dikelola suaminya, Bill Clinton.

”Saya sangat bangga terpilih sebagai menteri luar negeri,dan saya juga sangat bangga dengan apa yang telah dilakukan suami saya dan Clinton Foundation, dan langkah-langkah yang ditempuh,”ujarnya. Berdasarkan perjanjian pada 12 Desember lalu,yayasan Clinton telah menyepakati pengumuman donor yang memberikan bantuan.Yayasan tersebut berjanji akan menyampaikan daftar donor pada tahun-tahun ke depan dan diserahkan ke Dewan Etik Deplu AS.

Sementara anggota Senat AS telah menyetujui tujuh anggota kunci tim kebijakan dalam negeri, termasuk Kepala Keamanan Dalam Negeri Janet Napolitano.Senat AS telah menyetujui Steven Chu menjadi Menteri Energi, Arne Duncan (Menteri Pendidikan), dan Ken Salazar (Menteri Dalam Negeri). Senat juga telah mengonfirmasi Eric Shinseki sebagai Menteri Hubungan Veteran danTom Vilsack sebagai Menteri Pertanian.

Kemudian,Peter Orszag telah disetujui sebagai Direktur Manajemen dan Anggaran. ”Dalam beberapa hari mendatang, pekan, bulan, kita akan bekerja sama dengan Presiden Obama untuk memulihkan ekonomi kita, melindungi warga dan seluruh konsumen, membawa negara kita pada energi yang independen,” kata Ketua Senat Demokrat Harry Reid.

Dia menambahkan,kabinet Obama akan memperkuat keamanan nasional,meningkatkan akses kesehatan, dan pendidikan bagi seluruh rakyat Amerika. ”Untuk bisa mewujudkan cita-cita tersebut, seorang presiden membutuhkan perlengkapan dan pakar-pakarnya,” ujarnya.

Presiden Obama telah menunjuk anggota kabinet yang cerdas dan mumpuni di bidangnya.”Masing- masing anggota kabinet merepresentasi semua bagian di negara ini, baik secara geografis dan politis,” papar Harry Reid. (AFP/Rtr/BBC/ andika hendra m)
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/206866/
news.google: foto

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia