China Sensor Pidato Obama

BEJING (SINDO) – Pemerintah China telah menyensor pidato inaugurasi Presiden Obama.Tayangan langsung di televisi juga disensor ketika Obama menyebutkan kata ”komunis”.

Sepertinya China cukup kecewa dengan kata ”komunis” yang disebut Obama.Versi bahasa Inggris,pidato Obama dalamsitusinternettidakdisensor, tetapi terjemahan bahasa China mengalami beberapa sensor dalam beberapa bagian yang sensitif. Sensor pidato Obamatersebutjustrumenjadi bahan diskusi di berbagai forum situs onlinedi China.

”Mengingat kembali bahwa generasi sebelumnya yang menghadapi fasisme dan komunisme tidak hanya menggunakan rudal dan tank,tetapi dengan aliansi yang kokoh dan pendirian yang kokoh,” demikian pidato Obama. Televisi milik Pemerintah China, China Central Television, menayangkan langsung pidato tersebut.

Namun,ketika penerjemah menyebut kata ”komunisme”, saluran televisi tersebut terpotong dan presenter terkejut dengan adegan dadakan karena tidak siap dengan posisi kamera. Kutipan pidato Obama yang disensor merupakan sebuah peringatan dari Presiden AS terhadap rezim yang berusaha melawan ide yang berlainan. Itu jelas merupakan sebuah isu sensitif di China, karena banyak orang yang vokal merana di balik jeruji atau di bawah pengawasan ketat polisi.

”Untuk mereka yang mempertahankan kekuasaan dengan korupsi dan penipuan dan membungkam siapa yang berbeda pendapat, ketahuilah bahwa Anda berada pada sisi sejarah yang salah. Namun, kita akan menggandeng tangan jika kamu ingin melepaskan kepalan tanganmu,” tandas Obama pada pidato inaugurasinya.

The People’s Daily, salah satu media propaganda Partai Komunis China memublikasikan teks terjemahan pidato Obama dengan menghilangkan kata komunis. Kalimat mengenai perbedaan pendapat dihapus secara keseluruhan. Dua situs online China terbesar, Sina dan Sohu, juga melakukan hal yang sama.

Situs online umumnya lebih mendapatkan kebebasan dibandingkan media tradisional di China. Meski begitu, situs onlinetetap menjadi target dari sensor dalam isu sensitif, termasuk Tibet,Taiwan, dan berita yang mengkritik kepemimpinan China.

Dalam pandangan Xiao Qiang, Direktur Proyek Internet China dari Universitas California,AS,adanya sensor dalam tayangan langsung pidato Obama dan pengeditan terjemahan mengindikasikan pejabat propaganda China memonitor dengan seksama. (AFP/Rtr/BBC/andika h m)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia