Gates Tetap Menhan AS

WASHINGTON(SINDO) – Menteri Pertahanan (Menhan) Amerika Serikat (AS) Robert Gates bakal tetap bertahan di Pentagon dalam pemerintahan baru Barack Obama.

Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Barack Obama dilaporkan menunjuk Gates sebagai Menhan.Laporan itu diungkapkan CNNyang mengutip sumber tim transisi Obama. Hanya saja, sumber itu menjelaskan bahwa jabatan Gates dalam pemerintahan Obama tidak akan lebih dari setahun. Bahkan, Fox melaporkan bahwa jabatan Gates diperkirakan hanya beberapa minggu saja dalam kabinet Obama.

”Keputusan penunjukan Gates merupakan hal yang pasti. Saya pikir keputusan itu membuat tanda tanya dan mengagetkan bagi beberapa orang,” ujar sumber pejabat transisi Obama kepada ABC. Sumber pejabat Partai Demokrat mengatakan bahwa Obama telah meminta Gates tetap menjabat sebagai Menhan. Gates juga dikabarkan menerima tawaran Obama.

”85% dijamin Gates akan menduduki jabatannya semula,” ujar sumber itu kepada Reuters. Namun, sumber itu menuturkan bahwa Gates masih mendiskusikan sejumlah penasihat dan stafnya yang akan dipertahankan dalam pemerintahan Obama. ”Dia juga membahas siapa wakil Menhannya karena banyak kader Demokrat yang menginginkan jabatan tinggi di Pentagon,”katanya.

Sumber resmi yang tidak mau menyebutkan identitas itu mengatakan,penunjukan Gates merupakan bukti pelaksanaan janji Obama untuk menempatkan salah satu menteri Presiden AS George W Bush di dalam kabinetnya. Penunjukan Gates memberikan keuntungan tersendiri bagi Obama yang berjanji akan menarik pasukan AS dari Irak dengan bantuan arsitek pemerintahan Bush.

Penunjukan Gates,menurut sumber tersebut, karena Obama tertarik melanjutkan beberapa kebijakan Pentagon. Apalagi, ketika Obama dilantiksebagaipresidenpada 20 Januari nanti, dia harus menghadapi dua perang besar di Irak dan Afghanistan.

Para pengamat mengatakan, Gates, 65, yang juga mantan direktur CIA itu diminta tetap menjabat karena dia merupakan figur yang dihormati kedua partai.Para analis juga menganggap Gates sebagai salah satu pejabat yang paling kredibel dalam pemerintahan Bush.

Dirangkulnya Gates sebagai Menhan juga karena dia adalah tokoh yang dihormati Kongres AS. Gates dianggap sebagai Menhan yang tegas dan mampu menerima pandangan berbeda dari pihak lain.Washington Postmemuji Gates karena dianggap sebagai Menhan yang mampu memperbaiki departemennya setelah dikacaukan oleh Menhan sebelumnya,Donald Rumsfeld. Gates berhasil memperbaiki berbagai kebijakan militer di Irak.

Kubu Demokrat menyatakan, sikap Obama tersebut membuktikan pemerintahannya bersikap merangkul. ”Kita tetap percaya diri.Saya pikir misi penarikan pasukan AS dari Irak akan segera terealisasi. Gates dipilih sebagai Menhan merupakan pilihan tepat,” ujar Charles Rangel, pejabat Partai Demokrat kepada CNN. Ketika dikonfirmasi Pentagon, salah satu pejabat seniornya mengatakan jika Gates ditunjuk kembali sebagai Menhan, itu pilihan tepat.

”Jadi,tim keamanan nasional Obama merupakan orangorang yang kredibel,”kata pejabat yang enggan menyebutkan nama. Sedangkan Sekretaris Pers Pentagon Geoff Morrell belum memberikan konfirmasi apakah Gates menerima tawaran Obama itu atau tidak.Dia mengatakan, Gates belum memberikan pernyataan mengenai keputusannya. (AFP/Rtr/CNN/andika h m)
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/190542/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia