Myanmar Segera Bebaskan 9.002 Narapidana

YANGON (SINDO) – Pemerintah Junta Militer Myanmar mengumumkan akan segera membebaskan 9.002 narapidana agar mereka dapat mengikuti pemilihan umum pada 2010.

”Rencana sudah dibuat agar tahanan bisa kembali ke masyarakat dan berpartisipasi membangun negeri yang baru,” tulis surat kabar Pemerintah Myanmar,The New Light of Burma. Pembebasan para tahanan membuka peluang bagi mereka untuk melakukan aktivitas sebagai warga negara normal.

Para narapidana itu dijanjikan dapat mengikuti pemilihan umum yang dijanjikan pemerintah pada 2010 mendatang. Pemilihan umum merupakan bagian dari ”peta jalan menuju demokrasi” yang akan memberikan kesempatan pertama kali bagi warga Myanmar untuk mendatangi tempat pemungutan suara sejak 1990.

Mengenai tahanan politik sebanyak 2.000 orang, tidak dijelaskan apakah mereka juga akan mendapatkan pengampunan atau tidak.Yang jelas,pembebasan itu diberikan kepada seluruh tahanan yang memiliki sikap dan tingkah laku baik.

Umumnya,junta sering memberikan amnesti pada hari perayaan kemerdekaan dan hari nasional. Kebanyakan narapidana yang dibebaskan adalah para tahanan kriminal. Diperkirakan,pengumuman pembebasan tahanan itu dikaitkan dengan peringatan kerusuhan satu tahun lalu yang terjadi pada 26–27 September 2007. (AP/AFP/Rtr/andika hendra m)
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/international/myanmar-segera-bebaskan-9.002-narap-2.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia