Mbeki Bertemu Pemimpin Politik Zimbabwe

JOHANNESBURG (SINDO) – Presiden Thabo Mbeki kemarin bertemu dengan para pemimpin partai politik Zimbabwe di Harare.

Pertemuan itu sebagai bagian dari perundingan pembagian kekuasaan di Zimbabwe yang mengalami kebuntuan. ”Kami benarkan bahwa presiden akan berkunjung ke Zimbabwe sebagai bagian dari tugasnya di Masyarakat Pembangunan Afrika Selatan (SADC),” kata Juru Bicara Departemen Luar Negeri Zimbabwe Ronnie Mamoepa.

Mamoepa mengatakan, Mbeki sebagai mediator SADC dalam perundingan-perundingan bagi kekuasaan, akan bertemu dengan para pemimpin Partai ZANU-PF yang berkuasa, oposisi utama Gerakan untuk Perubahan Demokratik (MDC) dan pecahan faksi MDC.

Sebelumnya,pada Minggu (7/7),pemimpin utama MDC Morgan Tsvangirai menyerukan agar digelar pemilu baru dengan pengawasan pengamat internasional, jika perundingan- perundingan mengalami kebuntuan dan tak mencapai terobosan.Tsvangirai mengatakan, rapat umum yang akan dilakukan hanya sebagai isyarat kesepakatan yang memberinya kewenangan memadai.

”Kami agaknya tidak akan menyetujui kesepakatan yang buruk,”katanya.Menurut pihak oposisi,perundingan antara Presiden Robert Mugabe dan Tsvangirai, yang MDCnya menguasai mayoritas di parlemen, mengalami kebuntuan pada pertengahan Agustus lalu berkaitan dengan keinginan Mugabe untuk menguasai kembali pasukan keamanan. (AFP/andika hendra m)
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/international/mbeki-bertemu-pemimpin-politik-zim.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia