Mahathir Gabung UMNO Lagi

KUALA LUMPUR(SINDO) – Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad bergabung kembali dengan Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO).

Kembalinya Mahathir dinilai sebagai bentuk penyelamatan UMNO karena tekanan bertubi- tubi dari kubu oposisi. ”Keputusan untuk kembali ke UMNO dibuat sendiri oleh dia (Mahathir).Insya Allah, dia (Mahathir) akan menyerahkan aplikasi keanggotaan sesegara mungkin, kemungkinan sebelum Idul Fitri,” ujar Mukhriz Mahathir, putra Mahathir, kemarin seperti dikutip Bernama. Mengenai divisi dan cabang UMNO yang akan dipilih Mahathir,menurut Mukhriz, harus sesuai keinginan ayahnya.

Dia tidak ingin keputusan aplikasi bergabungnya Mahathir harus melalui persetujuan Dewan Tinggi UMNO yang dipimpin PM Abdullah Ahmad Badawi Meskipun persetujuan itu mutlak diperlukan sebagai prosedur standar. ”Saya berharap jika dia (Mahathir) diterima kembali bergabung dengan UMNO, seharusnya dia ditunjuk sebagai penasihat partai,” ujar Mukhriz.Menurut dia,ja-batan penasihat bagi Mahathir akan lebih baik bagi UMNO.

”Mahathir sebenarnya tidak menginginkan kedudukan yang tinggi di partai,” imbuhnya. Mukhriz mengatakan, langkah ayahnya mundur dari keanggotaan UMNO sebenarnya untuk mengingatkan seluruh anggota agar mengakhiri krisis internal dan lebih fokus pada agenda partai. Mukhriz mengatakan, Mahathir ingin membangunkan semua anggota UMNO dari tidur yang cukup lama.”Keluarnya dia seperti menjadi jam beker yang membangunkan tidur kita.Tapi,kita menekan tombol jam beker itu dan kembali tidur,”katanya.

Mukhriz mengatakan, ayahnya setuju kembali ke UMNO setelah dibujuk Muhyiddin Yassin (Wakil Presiden UMNO dan Menteri Industri dan Perdagangan Internasional). Dia mengatakan Muhyiddin meminta ayahnya untuk membawa perubahan dan memperbaiki kondisi partai. Sebelumnya memang beredar rumor bahwa Mahathir akan kembali bergabung dengan UMNO.

Diperkirakan kembalinya Mahathir bertepatan dengan rapat petinggi partai yang digelar hari ini. Menurut mantan Sekjen UMNO Sabaruddin Chik, kembalinya Mahathir juga dalam rangka mendukung mantan musuh politiknya, Tengku Razaleigh Hamzah. Razaleigh akan ikut menjadi kandidat Presiden UMNO pada pemilihan Desember mendatang. Menurut mantan Sekjen UMNO Sri Sabaruddin, kembalinya Mahathir untuk menyelamatkan kembali kejayaan partai.

”Tidak ada yang mengejutkan jika Mahathir ingin bergabung kembali dengan UMNO,”katanya. Sementara itu,Muhyiddin Yassin juga disebut akan ikut mencalonkan diri sebagai Presiden UMNO.Muhyiddin mengatakan, Mahathir sangat prihatin dengan perkembangan yang terjadi baru- baru ini, tidak hanya di UMNO, tetapi juga di dalam BN.”Dia (Mahathir) juga prihatin mengenai perasaan rakyat dan apa yang terjadi sekarang. Dia berpikir, dengan kembali ke UMNO, dia dapat berpartisipasi membangun kembali kepercayaan diri partai,” ungkap Muhyiddin. (Rtr/NST/Bernama/ andika hendra m)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia