Badai Ike Menuju Amerika

HAVANA (SINDO) – Badai Ike telah melewati Kuba kemarin dan menewaskan empat orang. Badai Ike diperkirakan akan menerjang kawasan ladang minyak di Teluk Meksiko dan Amerika Serikat.

Florida telah memerintahkan evakuasi warganya. Pusat Badai Nasional AS juga telah memperingatkan bahwa Ike telah memasuki wilayah Teluk Meksiko kemarin malam. Pusat Badai Nasional menyatakan badai Ike akan mengarah ke Texas.

Komunitas pantai Gulf sejauh ini sama seperti Texas telah mewaspadai badai itu,terutama di wilayah Louisiana,di mana warganya masih dalam tahap recovery dari badai Gustav. Penjaga pantai di Teluk terus memantau serius perkembangan badai Ike. Gubernur Texas Rick Perry menyerukan persiapan menghadapi badai itu pada 88 county (distrik). Perry juga memerintahkan 7.500 pasukan Garda Nasional agar siap siaga.

”Ketika bencana badai Gustav masih hangat dalam ingatan penduduk di tepi pantai, kita harus memberikan perhatian penuh pada badai Ike. Badai Ike jelas menjadi ancaman nyata bagi warga pesisir Texas,” paparnya. Di Louisiana,ribuan orang masih tinggal tanpa aliran listrik pascabadai Gustav pekan lalu.

Namun, Gubernur Bobby Jindal telah menyarankan warganya untuk menyiapkan cadangan makanan, minuman, baterai, dan bahan makanan lainnya demi menghadapi bencana baru.Pemerintah juga telah menyiapkan tempat perlindungan dan merencanakan evakuasi warga menggunakan kereta, bus,dan pesawat.

Badan Manajemen Bantuan Darurat Federal belum memastikan kapan waktu evakuasi penduduk di sekitar pantai. Kemungkinan, evakuasi akan dilaksanakan dalam 24 sampai 48 jam, sebelum badai Ike melewati wilayah itu. Jindal menyatakan belum mengantisipasi evakuasi massal sama seperti ketika badai Gustav.

Badai Ike akan melalui pesisir pantai yang menjadi lokasi perusahaan eksplorasi minyak dan gas—yang memasok seperempat minyak AS dan 15% gas alam. Perusahaan minyak itu sebelumnya telah menghentikan operasinya selama badai Gustav.

Kini,mereka harus menghentikan operasinya lagi lantaran akan datang Badai Ike. Shell Oil Co dan perusahaan lainnya menyatakan telah mengevakuasi pekerjanya dari wilayah pesisir. (AP/AFP/Rtr/andika h m)
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/international/badai-ike-menuju-amerika-2.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia