DK PBB Dukung Georgia

para pasukan AS dan Gerogia yang sedang latihan perang bersama. (AP/news.yahoo)
TBILISI (SINDO) – Duta Besar Georgia untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Irakli Alasani mengatakan, dalam debat di Dewan Keamanan (DK) PBBitu,kebanyakananggota dewan itu mendukung wilayah teritorial negaranya.

Mereka juga mengutuk penyusupan pesawat udara Rusia ke wilayah udara Georgia. Debat itu berlangsung atas permintaan Georgia yang memprotes masuknya pesawat Rusia ke teritorialnya pada 8 Juli lalu. Mereka juga tetap meningkatkan lobi internasional, termasuk me-lalui DK PBB.

Di PBB, Rusia dan Georgia berdebat mengenai tuduhan Moskow mendukung penuh pemberontak di wilayah Tbilisi. Sebelum debat,Duta Besar Rusia Vitaly Churkin menyarankan agar DK PBB mengirimkan pesan keT bilisi agar menghentikan aksi provokasinya.

Selanjutnya,DK PBB harus menyarankan agar Tbilisi juga menurunkan ketegangan dengan Moskow yang mendukung pemberontak Georgia di Abkhazia dan South Ossetia. ”Kita percaya Dewan Keamanan memainkan peran penting dan seharusnya mengirimkan pesan kepada rakyat Georgia agar menghentikan aksi provokatifnya di wilayah konflik,” ujar Churkin.

Setelah debat,Churkin menyatakan delegasinya mendesak DK PBB agar meminta Tbilisi menandatangani kesepakatan dengan musuh separatis mereka.Kesepakatan itu agar Georgia tidak menggunakan kekuatan militer di wilayah sengketa dan menarik pasukandariLembahKodoridi Abkhazia.

Abkhazia dikuasai Georgia setelah mengalahkan komunitas lokal pada 2006. Sementara itu,Duta Besar AS Zalmay Khalilzad, mengatakan, Washington tetap mempermasalahkan pelanggaran wilayah yang dilakukan pesawat udara Rusia.Dia menyarankan agar Rusia mengambil langkah sebagai mitra yang kredibel dalam proses perundingan dengan Georgia dan memainkan perang yang signifikan.

Mengenai kehadiran unit pesawat Rusia di wilayah konflik Georgia, Zalmay meminta agar semua pihak duduk bersama guna membahas masalah itu. Rusia pun harus menghargai kedaulatan negara lainnya. ”Kita berharap agar Rusia memainkan peran untuk terus bekerja sama dengan Georgia,”tuturnya. (AFP/AP/andika h m)
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/international/dk-pbb-dukung-georgia-2.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia