Ribuan Pasangan Menikah Saat Pembukaan Olimpiade


Menikah merupakan impian sepasang kekasih. Untuk menggelar pernikahan,mereka umumnya mencari hari baik.Angka delapan dianggap sebagai angka keberuntungan.

JANGAN heran, jika kemudian angka kalender 8- 8-2008 dianggap sebagai tanggal yang baik untuk menikah. Tentu saja, ini juga tidak kebetulan jika hari itu ditentukan pemerintah sebagai hari pembukaan Olimpiade Beijing 2008 yang merupakan ajang olahraga dunia.

Nah,ternyata mitos tersebut diyakini tidak hanya satu atau dua pasang calon pengantin di China. Ribuan pasangan calon suami istri di China akan melepas masa lajangnya dengan menggelar pernikahan pada tanggal yang bertepatan dengan pembukaan Olimpiade Beijing tersebut.

Mereka rupanya tidak ingin melepaskan peristiwa bersejarah dalam cerita cinta mereka dengan peristiwa bersejarah bangsa China dan dunia itu. Bagi ribuan calon pasangan baru itu,menikah pada angka keramatitubukanhanya karena faktor mitos semata.Lebih dari itu, rasa nasionalisme dan kebanggaan sebagai rakyat China menjadi dasar utama.

Mereka ingin mengabadikan peristiwa Olimpiade Beijing 2008 menjadi peristiwa bersejarah dalam kehidupan mereka dengan menikah. Ternyata patriotisme bagi mereka tidak bakal terlepas dari kehidupan keluarga mereka kelak.

Dalam kepercayaan China, angka delapan membawa keberuntungan bagi pasangan yang menikah pada tanggal itu.Angka delapan merupakan angka kemujuran dan kebahagiaan, karena itu dengan menikah pada tanggal tersebut, pasangan suami istri diharapkan akan diberkahi rezeki dan kelanggengan dalam menjalani bahtera rumah tangga.

Angka delapan bagi orang China juga melambangkan keseimbangan antara spiritual dan material. Hingga saat ini, Pemerintah China telah menerima 1.000 pasangan yang mendaftar untuk menikah pada 8 Agustus 2008. Pemerintah China memperkirakan jumlahpasanganyangakan menikah pada tanggal baik itu mencapai lebih dari 9.000 pasangan.

Mereka berjanji akan menampung semua pendaftar karena tidak ingin mengecewakan para pasangan itu. Direktur Instansi Pendaftaran Pernikahan Li Ziwei menyatakan calon pengantin baru juga masih bisa mendaftar pada 8 Agustus.

Dia menuturkan, pihaknya menerapkan prinsip kelonggaran karena bertepatan dengan momen Olimpiade.’’Kita juga mempercepat proses registrasi pernikahan,yang biasanya selama 10 menit, sekarang menjadi 2 menit. Dengan demikian,ada lebih banyak calon pengantin yang mendaftar,” ujarnya. (BBC/Xinhua/China Daily/andika hendra m)

http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/international/ribuan-pasangan-menikah-saat-pembukaan-olim-2.html

Sunday, 22 June 2008

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia