Makan Siang dengan Warren Buffett Laku Rp19 Miliar


OHAMA (SINDO) – Zhao Danyang, pengelola perusahaan investasi asal China, berhasil memenangkan kesempatan makan siang superistimewa dengan miliarder Warren Buffett. Untuk mendapatkan momentum langka itu, manajer investasi Pure Heart China Growth Investment Fund itu harus merogoh dana pribadi USD2.110.100 (Rp19,4 miliar) dalam sebuah acara lelang amal termahal yang dilakukan eBay.

Angka USD2,1 juta untuk makan siang tersebut ditawar melalui lelang yang diselenggarakan perusahaan lelang onlineeBay.Lelang ini diselenggarakan sebuah yayasan sosial yang mengurusi para tunawisma di San Francisco,Amerika Serikat (AS), Glide Foundation.Yayasan ini setiap tahun memerlukan USD12 juta (Rp110, 52 miliar) untuk kegiatannya. Juru bicara Glide Foundation, Denise Lamott, Sabtu (28/6) lalu mengumumkan pemenang lelang yang digelar sehari sebelumnya itu adalah Zhao Danyang.”Lelang kali ini benarbenar di luar perkiraan,”ujarnya.

Sementara menurut pendiri Glide Foundation Reverend Cecil Williams, lelang termahal ini merupakan suatu keajaiban. ”Kami takjub dan siap untuk melanjutkan kerja memutus lingkaran kemiskinan,”ungkapnya. Dia juga mengucapkan rasa terima kasih pada Buffett atas dedikasinya. ”Terima kasih Warren Buffett atas kepedulian dan perhatiannya membantu banyak orang,”imbuhnya.

Tawaran yang diajukan Zhao merupakan rekor tertinggi dalam sebuah acara kegiatan amal yang pernah dibuat di AS. Rekor tertinggi yang pernah dicetak eBay terjadi ketika melelang sebuah sepeda motor Harley Davidson yang ditandatangani sejumlah selebriti untuk kegiatan membantu korban bencana tsunami. Sepeda motor itu ditawar dengan penawaran USD800.100 (Rp7,36 miliar). Lelang makan siang bersama Buffett dilaksanakan selama lima hari.

Pertama kali situs lelang eBay membuka harga USD25.000. Selang dua jam kemudian, nilai tawar itu melonjak tujuh kali lipat mencapai USD175.000. Lelang yang diselenggarakan kesembilan kalinya itu diikuti sembilan penawar. Mereka melempar 78 kali tawaran dalam kurun waktu lima hari. Tahun lalu, pemenang lelang makan siang dengan orang terkaya di dunia itu adalah Mohnish Pabrai, seorang keturunan Irlandia, investor yang berbasis di California, AS.

Pabrai merupakan investor yang menerapkan gaya investasi ala Buffett. Mereka berdua makan siang bersama di steakhouse Smith & Wollensky di New York.Pabrai harus berjuang lima tahun lamanya hingga nilai tawarnya tertinggi dibandingkan penawar lainnya. Yongping Duan, yang pernah makan siang bersama Buffett pada 2006,menceritakan bahwa investor legendaris itu memberikan pelajaran tentang kesalahan-kesalahannya ketika berinvestasi.

Yongping yang harus mengeluarkan uang senilai USD620.100 itu menuturkan, mereka berdua berbicara tentang bagaimana merekrut orang-orang berkualitas. ”Tidak ketinggalan, kita juga membahas tentang bagaimana cara mendidik anakanak, dan bagaimana cara mendonasikan uang pada orang miskin. Buffett juga menceritakan pendapatnya tentang beberapa industri yang akan berkembang ke depan,” aku Yongping, investor asal California dan pendiri perusahaan elektronik di China.

Mengenai jadwal kapan makan siang itu akan diselenggarakan, pihak yayasan menyerahkan putusannya kepada Zhao dan Buffett. Yang pasti, santap siang bertempat di Smith & Wollensky Steakhouse di New York City. Dalam pertemuannya nanti, Zhao dan Buffett akan berbagi cerita dan pengalaman tentang filosofi berinvestasi.

Seperti acara makan siang Buffett, dia juga akan menjawab pertanyaan dari Zhao tentang apa itu pembelian dan penjualan saham.Buffett juga akan menghibur dan memberikan trik dan strategi bisnis pada Zhao. Buffett adalah orang terkaya di dunia versi majalah Forbes pada 2008.Kekayaan bersihnya mencapai USD62 miliar (Rp571 triliun). CEO Berkshire Hathaway Inc tersebut dikenal andal dalam meramu investasi.

Berkshire memiliki saham di 60 perusahaan,seperti asuransi, fesyen, furnitur, perhiasan. Perusahaan investasinya itu memegang saham besar pada sejumlah perusahaan terkemuka seperti Coca Cola Co,Anheuser-Busch Cos, dan Wells Fargo & Co. Buffett juga dikenal sebagai seorang dermawan.Kekayaan pribadinya, baik berupa uang, properti dan saham, yang mencapai USD49 miliar (Rp451 triliun) akan dia sumbangkan ke lima yayasan sosial.

Sebagian terbesar dari jumlah tersebut akan disumbangkan ke Bill & Melinda Gates Foundation, yayasan milik pendiri Microsoft, Bill Gates yang baru saja pensiun dari Microsoft Co. Buffett mendukung langkah-langkah penggalian dana yang dilakukan Glide Foundation.

Dia juga mendorong Glide untuk tetap fokus memberikan pelatihan kerja pada para pengangguran, pelayanan kesehatan,dan 750.000 makanan gratis setahun pada orang miskin. ”Dengan uang lelang itu akan memberikan kesempatan bagi orang-orang yang tidak mampu, dan memberikan kesempatan pada mereka untuk bisa maju,” ujar Buffett. (AP/Rtr/andika hendra m)

Monday, 30 June 2008

http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/berita-utama/makan-siang-dengan-warren-buffett-laku-rp19-m.html


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia