Tentara Suriah Bunuh 5 Demonstran

DARAA – Pasukan keamanan Suriah, kemarin, menembak mati lima demonstran antipemerintah di dekat sebuah masjid.


Puluhan aktivis lainnya mengalami luka-luka. Ratusan demonstran berkumpul di Masjid Omari untuk mencegah polisi menangkap mereka.Tenda pun didirikan di sekitar masjid yang dianggap lebih aman.Kenyataannya,pasukan keamanan tetap menembaki para demonstran. “Pasukan keamanan menembakkan lima butir peluru dan gas air mata kepada para demonstran,” ungkap seorang saksi seperti dikutip AFP. “Mereka memutus aliran listrik dan langsung menembak.” Status Suriah saat ini masih berada di bawah Undang-Undang Darurat 1963 yang melarang demonstrasi.Namun,aksi demonstrasi yang menyerukan penggulingan rezim berkuasa yang dipimpin Bashar al-Assad selama satu pekan ini cukup membuat pemerintah gusar.

Daraa, sebuah kota 100 km selatan Damaskus dan wilayah kekuasaan suku keluarga terbesar di Suriah, menjadi tempat utama demonstrasi. Selain di kota tersebut, demonstrasi tersebut juga berlangsung di Jassem dan Noa tempat dilaporkan 2.000 demonstran berkumpul untuk sebuah demonstrasi, tapi langsung dibubarkan pasukan keamanan. Sebelumnya,enam orang tewas akibat aksi keras pasukan keamanan pada demonstrasi di Daraa,termasukanakberusia11 tahun yang meninggal pada Senin (21/3) karena menghirup gas air mata dalam jumlah banyak. Pemerintah Suriah pada Selasa (22/3) juga menangkap Louai Hussein, 51, mantan tahanan politik, setelah mengunggah petisi online yang meminta kebebasan berekspresi.

“Pasukan keamanan Suriah memaksa masuk ke rumah Louai Hussein di luar Damaskus pada Selasa (22/3) dan posisinya tetap tidak diketahui.Dia telah mengunggah petisi online pada hari sebelum ditangkap. Dalam petisinya, dia menyerukan demonstrasi damai dan kebebasan berekspresi,” ujar Pengamat Hak Asasi Manusia Suriah (SOHR). andika hendra m

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia