UEA Bangun Lapangan Golf Mewah di Padang Pasir

PESONA DUBAI, Pegolf Tiger Woods (tengah) menyaksikan maket proyek padang golf di Dubai hasil desainnya

DUBAI(SINDO) – Kemewahan memang identik dengan Uni Emirat Arab (UEA).Saat ini di sana sedang dibangun lapangan golf di padang pasir yang didesain khusus oleh Tiger Woods, pegolf kenamaan dunia.

UEA berambisi membangun padang golf untuk menarik kunjungan wisatawan dari berbagai negara dan menjadikan wilayahnya sebagai ”jembatan” bagi peradaban dunia. Padang golf ini disebut The Tiger Woods Dubai–Al Ruwaya. Namun, kini lebih dikenal dengan The Tiger Woods Dubai.

Padang golf itu merupakan tempat olahraga sekaligus wisata yang didesain pertama kali oleh Woods. Pembangunan The Tiger Woods Dubai–Al Ruwaya (dari bahasa Arab, berarti kedamaian) bekerja sama dengan Tatweer, perusahaan real estat milik pemerintah Dubai. Padang golf itu akan dibuat di atas 5,1 juta meter persegi (m2) gurun pasir, memiliki 7.800 yard,72 par,dan 18 hole.

Keistimewaannya, antara lain lubang nomor 12 dibuat dengan tingkat kemiringan yang unik menempatkan bungker atau penghalang. Desain unik juga ditemukan pada lubang 17, di situ ada tiga bungker di bagian depan. Padang golf itu akan dilengkapi akademi golf ”stateof- the-art” dan sebuah hotel mewah yang didesain desainer Lebanon Elie Saab.

Tidak ketinggalan properti mewah terdiri atas 22 istana, 75 mansion, dan 100 vila.Senin (25/8), Woods mengunjungi tempat pembangunan itu dan meresmikan megaproyek itu. ”Proyek itu membuat saya semakin frustrasi,”ungkapnya. Woods menyatakan, inspirasi membuat padang golf itu ketika bermain golf di Sandbelt, Melbourne, Australia.

Dia mengaku saat itu ingin sekali membuat padang golf yang berlokasi di padang pasir. Proyek padang golf Tiger Woods senilai USD1,1 miliar (sekitar Rp10 triliun) ini masih dalam pengerjaan.Direncanakan pembangunannya selesai pada 2009.

”Kita masih melaksanakan sesuai rencana,”ungkap Abdulla Al Gurg, pemimpin proyek. The Tiger Woods Dubai akan menjadi bagian dari Dubailand, proyek pengembangan miliaran dolar di atas padang pasir.Dubailand memiliki 24 proyek megah yang akan selesai sebelum 2025 dan menghabiskan sekitar USD64 miliar, yang 60%-nya berasal dari investor swasta. (AFP/AP/andika hendra m)
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/berita-utama/uea-bangun-lapangan-golf-mewah-di-padang-2.html
foto:repro sindo.ap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Bos Gudang Garam Tutup Usia