Penemu Mouse Tak Mendapat Royalti

Mungkinkah kemajuan teknologi akan mengesampingkan arti penting mouse yang kini memasuki usia 40 tahun?

ITULAH pertanyaan yang mencerminkan kekhawatiran terkait perkembangan teknologi saat ini. Dari alat kecil yang digenggam pengguna komputer itu telah lahir berbagai karya penting di bidang teknologi. Ironisnya, peranan penting mouse semakin tergeser seiring munculnya teknologi layar sentuh dan kendali gerak.

Kendati demikian, Rob Skitmore dari Museum Ilmu Pengetahuan London memprediksi mouse akan tetap dominan digunakan oleh manusia meskipun teknologi baru seperti layar sentuh semakin populer. Sikap pesimistis tetap muncul. Steve Prentice, analis dari Gartner Re- search, memprediksi mouse tidak akan digunakan pada 40 tahun mendatang.

Dia memprediksi, dalam lima tahun mendatang,fungsi mouse akan diganti oleh layar sentuh dan pengenal wajah.”Anda tinggal menunjuk dan menggoyangkannya, maka perangkat akan bergetar kembali ke Anda sehingga Anda punya hubungan dua arah. Hal itu yang tidak bisa dilakukan mouse,”katanya.

Sebelum mouse ditemukan, operator komputer harus menggunakan pena ringan untuk mengendalikan layar komputer.Kemunculan mousebermula pada 9 Desember 1968 saat Douglas Engelbart pertama kali mendemonstrasikan cara kerja mouse. Model mouse pertama kali yang dibuat Engelbart didemonstrasikan di Fall Joint Computer Conference (FJCC) di San Francisco.Ketika itu mouseterbuat dari kayu dan memiliki satu tombol.

Sang perancang mouse Douglas Engelbart datang dengan idenya pada awal 1960-an sambil mengeksplorasi interaksi antara manusia dengan komputer di Stanford Research Institute (SRI), California. Mousekomersial pertama diluncurkan pada 1981 bersamaan dengan komputer Xerox Star.Pada 1984 setelah Apple mengakuisisi teknologi tersebut seharga USD- 40.000,alat tersebut semakin populer.

Anehnya, Engelbart tidak mendapatkan keuntungan sepeser pun dari kreasinya. Dia tidak mendapatkan royalti dari penjualan mouse. Dia hanya mendapatkan penghargaan National Medal of Technology dari mantan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton. Kini, peringatan penemuan mousedirencanakan diselenggarakan di California.

Beberapa ilmuwan penting yang berperan penting dalam penemuan mouse akan berkumpul kembali pada acara itu, termasuk Bill English dan Rulifson yang membantu Engelbart. ”Saya benarbenar terbuai dengan ide Engelbart,”kata Rulifson. Rulifson mengatakan, mouse merupakan pencapaian tertinggi dari karya Engelbart.

”Saya pikir orang merasa mendapatkan kenyamanan tinggi ketika menggunakan mou-se,” ujarnya.Menurutnya,mouse menjadi inspirasi bahwa teknologi dapat dibentuk dalam ukuran kecil sehingga mudah dibawa. ”Saat itu Engelbart sering frustrasi dengan berbagai peralatan pendukung komputer yang terlalu statis dan seperti kertas,”kata Rulison. (BBC/Telegraph/andika h m)
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/194723/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Snowden Tuding NSA Retas Internet Hong Kong dan China

Teori Pergeseran Penerjemahan Catford

Kebakaran Meluas, Ribuan Warga Dievakuasi